Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 17:36 WIB | Kamis, 18 Februari 2016

Jelang Pertemuan Dua Negara, Tiongkok Tekan Australia

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop dijadwalkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi ( Foto Dok BBC )

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Tiongkok mendesak Australia untuk mengambil pandangan yang adil terkait kegiatannya di Laut China Selatan, menjelang pertemuan tingkat tinggi kedua negara.

Kementerian luar negeri Tiongkok pada Rabu (17/2) memperingatkan Australia untuk tidak merusak perdamaian dan stabilitas kawasan Semenanjung Korean karena hubungan perdagangan kedua negara kemungkinan besar akan mendominasi perundingan dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi.

Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, mengatakan dia akan menanyakan Tiongkok tentang rencana Beijing terkait kepulauan yang dikuasai kembali di perairan sengketa.

Menjelang kedatangannya di Beijing, Bishop mengatakan Australia tidak akan memihak tetapi akan menunggu hasil tuntutan Filipina terhadap pengakuan wilayah Beijing di pengadilan arbitrase Den Haag, Belanda.

Beijing mengatakan kepada Australia untuk 'tidak menghindar secara selektif' dari pandangan bahwa langkah pengadilan melanggar konsensus dan tidak mematuhi hukum internasional. (BBC)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home