Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 08:52 WIB | Jumat, 12 Juni 2015

Jepang Perintahkan Evakuasi 5.000 Orang Pascahujan Deras

Jepang Perintahkan Evakuasi 5.000 Orang Pascahujan Deras
Hujan deras memicu longsor dan banjir di Jepang bagian selatan, memaksa 5.000 orang diperintahkan untuk dievakuasi. (Foto: uk.screen.yahoo.com)
Jepang Perintahkan Evakuasi 5.000 Orang Pascahujan Deras
Peta Jepang. (Sumber: asiaonline.com.au)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Hampir 5.000 orang diperintahkan untuk dievakuasi setelah hujan deras memicu longsor dan banjir di Jepang bagian selatan.

Sebanyak 380.000 orang lainnya diminta mengungsi akibat hujan deras di Kumamoto dan Nagasaki, Pulau Kyushu, kata pejabat kepada AFP, seperti dikutip Kantor Berita Antara.

Evakuasi diperintahkan di Kumamoto setelah hujan lebat mengguyur selama sehari. Sedangkan Nagasaki dilanda hujan lebat pada periode yang sama.

Rekaman televisi menunjukkan lumpur dan air berwarna cokelat menggenangi rumah-rumah, dengan terjadi longsor di tepi bukit, memblokir jalan, dan merusak sejumlah rumah.

“Kami belum menerima adanya korban luka,” kata seorang pejabat.

Para ahli prakiraan cuaca mengatakan cuaca buruk akan berlanjut, dengan sebagian wilayah Kumamoto diperkirakan akan dilanda hujan pada malam hari.

Status Gunung Asama Dinaikkan

Sementara itu, seperti diberitakan nhk.or.jp, Badan Meteorologi Jepang memperingatkan tentang kemungkinan erupsi kecil di Gunung Asama, Jepang bagian tengah.

Gunung setinggi 2.500 meter tersebut membentang di Provinsi Nagano dan Gunma.

Badan meteorologi menaikkan status gunung itu satu angka ke tingkat dua dalam skala lima pada Kamis (11/6) setelah ada peningkatan gempa vulkanis di bawah puncak gunung.

Para pendaki gunung diperingatkan untuk menghindari kawasan radius dua kilometer dari kawah yang terletak di puncak gunung.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home