Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 12:19 WIB | Senin, 18 Agustus 2014

Jepang Tuan Rumah Pertemuan Perempuan Pemimpin

Jepang Tuan Rumah Pertemuan Perempuan Pemimpin
Survei menunjukkan 70 persen perempuan Jepang berhenti bekerja begitu membangun rumah tangga. (Foto: japantoday.com)
Jepang Tuan Rumah Pertemuan Perempuan Pemimpin
Direktur Pengelola Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde (kanan), yang diharapkan hadir dalam pertemuan wanita pemimpin di Tokyo, Jepang, bergambar bersama Kanselir Jeman Angela Merkel. (Foto: parismatch.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Jepang tengah mempersiapkan penyelenggaraan sebuah forum ekonomi internasional bagi perempuan bulan depan.

Tokyo akan menjadi tuan rumah Pertemuan Dunia bagi Perempuan, "World Assembly for Women in Tokyo" atau "WAW! Tokyo", selama tiga hari mulai 12 September. Perdana Menteri Shinzo Abe dijadwalkan akan menghadiri pertemuan itu.

Acara itu diselenggarakan dengan mencontoh pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di kota wisata Davos, Swiss. Penyelenggara acara menyebut acara ini sebagai "Davos untuk Perempuan".

Konferensi itu ditujukan untuk mendorong lebih banyak perempuan memainkan peran yang memimpin dalam masyarakat, yang juga merupakan salah satu pilar strategi pertumbuhan Abe.

Pemerintah Jepang telah mengundang lebih kurang 100 wanita yang memimpin organisasi internasional dan perusahaan swasta, dan tak ketinggalan tokoh-tokoh politik, baik di dalam maupun di luar negeri, ke acara tersebut.

Di antara para tamu yang diundang, terdapat Direktur Pengelola Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde, Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy, istri mantan perdana menteri Inggris Cherie Blair, dan petinggi Disney Media Network Anne Sweeney.

Pemerintahan Abe sedang gencar memberikan peluang kepada perempuan untuk berpartisipasi  menggenjot perekonomian negara dalam rangka menjadi raksasa ekonomi ketiga dunia. Jepang tercatat sebagai salah satu negara dengan angka partisipasi perempuan terendah di bidang kerja kantoran.  (nhk.or.jp/AFP)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home