Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:05 WIB | Sabtu, 25 Mei 2024

Jerman: Kirim Sistem Pertahanan Udara adalah Prioritas Mutlak untuk Ukraina

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, berbicara pada Menteri Energi Ukraina, Herman Haluschenko, dalam kunjungan ke pembangkit listrik tenaga termal yang rusak akibat serangan rudal Rusia, hari Selasa (21/5). (Foto AP/Evgeny Maloletka)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Mengirim sistem pertahanan udara ke Ukraina untuk membantu melindunginya dari rudal jelajah, roket, dan drone Rusia adalah “prioritas mutlak,” kata menteri luar negeri Jerman di Kiev pada hari Selasa 921/5) setelah mengunjungi pembangkit listrik lokal yang sebagian besar berkurang menjadi hancur karena serangan Rusia baru-baru ini.

Annalena Baerbock mengatakan bahwa apa yang disebutnya sebagai “inisiatif global” yang diluncurkan oleh Jerman untuk menyediakan lebih banyak sistem pertahanan udara kepada Ukraina telah mengumpulkan hampir satu miliar euro– “tetapi sangat jelas bahwa diperlukan lebih banyak lagi,” katanya di konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba.

Jerman adalah pemasok bantuan militer terbesar kedua ke Ukraina setelah Amerika Serikat.

Para pejabat Ukraina selama berbulan-bulan telah memohon kepada mitra-mitra Barat mereka untuk memasok sistem pertahanan udara yang lebih canggih, terutama Patriot buatan AS, sehingga pasukan Kiev dapat menangkis serangan udara Rusia yang telah menghantam negara itu selama perang. Daerah sipil serta jaringan listrik dan sasaran militer telah berulang kali terkena serangan.

Sementara pemboman terus berlangsung, pasukan Ukraina yang terkuras berusaha menahan serangan sengit Rusia di sepanjang perbatasan timur dalam salah satu fase paling kritis dalam perang, yang dimulai pada 24 Februari 2022.

Jerman baru-baru ini menjanjikan baterai Patriot buatan AS yang ketiga untuk Ukraina, namun para pejabat Kiev mengatakan mereka masih menghadapi kekurangan pertahanan udara yang mengkhawatirkan terhadap serangan Rusia.

Pasukan Kremlin telah menggunakan keunggulan mereka di angkasa untuk melemahkan jaringan listrik Ukraina, dengan harapan dapat melemahkan moral Ukraina dan mengganggu industri pertahanannya.

Baerbock, didampingi Menteri Energi Ukraina, Herman Halushchenko, mengunjungi pembangkit listrik tenaga panas di Ukraina tengah yang rusak berat pada 11 April. Di bagian dalam pembangkit yang hangus, para pekerja Centrenergo, sebuah perusahaan negara yang mengoperasikan pembangkit tersebut, masih mengumpulkan beberapa puing-puing, sepekan setelah diserang.

Sementara itu, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan bahwa pasukan Kremlin masih memfokuskan upaya mereka di provinsi timur Donetsk dan wilayah timur laut Kharkiv, tempat bom luncur Rusia yang sarat bahan peledak menimbulkan kehancuran di wilayah militer dan sipil.

“Hal ini berulang kali membawa kita pada kebutuhan akan pertahanan udara – sistem pertahanan tambahan yang dapat secara signifikan mengurangi kesulitan bagi pejuang kita dan ancaman terhadap kota dan komunitas kita,” kata Zelenskyy pada Senin (20/5) malam di media sosial.

Zelenskyy mengatakan bahwa pasukan Ukraina masih menguasai wilayah yang diperebutkan, meskipun Rusia mengatakan pihaknya telah merebut serangkaian desa perbatasan.

Baerbock mengunjungi Kharkiv pada hari Selasa, namun perjalanan tersebut harus dibatalkan karena alasan keamanan, kantor berita Jerman dpa melaporkan. Hampir 11.000 orang telah dievakuasi dari wilayah perbatasan Kharkiv sejak Rusia melancarkan aksi ofensifnya di sana pada 10 Mei.

Serangan pesawat tak berawak Rusia semalam menghantam infrastruktur transportasi di kota Kharkiv, ibu kota wilayah tersebut, merusak lebih dari 25 truk, bus, dan kendaraan lainnya, kata Gubernur wilayah Oleh Syniehubov pada hari Selasa. Tujuh orang terluka, katanya.

Staf umum Ukraina mengatakan frekuensi serangan Rusia di Kharkiv melambat pada hari Senin, meskipun pertempuran terus berlanjut.

Pasukan Rusia juga melakukan serangan pengintaian dan sabotase di wilayah Sumy dan Chernihiv di utara Ukraina, menembaki pemukiman perbatasan dan memasang lebih banyak ladang ranjau, menurut Dmytro Lykhovii, juru bicara staf umum Ukraina. Garis depan panjangnya sekitar 1.000 kilometer (620 mil).

Kanselir Jerman, Olaf Scholz, menolak permintaan pejabat Ukraina untuk menyediakan rudal Taurus, yang dilengkapi dengan teknologi siluman dan memiliki jangkauan hingga 500 kilometer (300 mil).

Rudal buatan Jerman dan Swedia akan mampu mencapai sasaran jauh di Rusia dari wilayah Ukraina. Namun Berlin menolak keras prospek tersebut, dengan mengatakan bahwa pengiriman rudal akan menimbulkan risiko keterlibatan langsung mereka dalam perang.

Pembatasan untuk tidak mengizinkan Ukraina menembaki Rusia telah membuat Kiev tidak mampu menyerang pasukan dan peralatan Rusia yang berkumpul untuk melakukan serangan di sisi lain perbatasan, kata sebuah lembaga pemikir yang berbasis di Washington.

“Kebijakan AS dan Barat ini sangat membahayakan kemampuan Ukraina untuk mempertahankan diri dari operasi ofensif Rusia saat ini di (wilayah) Kharkiv utara atau wilayah mana pun di sepanjang perbatasan internasional di mana pasukan Rusia mungkin memilih untuk melakukan operasi ofensif di masa depan,” Institute for the Study of War mengatakan dalam penilaian Senin malam.

Sementara itu, lebih dari 3.000 tahanan Ukraina telah mengajukan permohonan pengampunan dan bergabung dengan tentara, kata Wakil Menteri Kehakiman Ukraina, Olena Vysotska, pada hari Selasa, seraya menambahkan bahwa pihak berwenang memperkirakan hingga 5.000 tahanan akan mengajukan permohonan berdasarkan program perjanjian tersebut.

Langkah tersebut, yang ditandatangani Zelenskyy menjadi undang-undang akhir pekan lalu, adalah bagian dari upaya untuk memperluas angkatan bersenjata, yang jumlahnya kalah dibandingkan pasukan Rusia. Langkah-langkah lain untuk meningkatkan pangkat termasuk menaikkan denda lima kali lipat bagi para pengelak wajib militer dan memberikan insentif kepada tentara, seperti bonus tunai atau uang untuk membeli rumah atau mobil.

Narapidana yang dihukum karena kejahatan berat tidak memenuhi syarat, dan pelamar harus lulus tes sebelum mengenakan seragam. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home