Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:26 WIB | Senin, 13 Mei 2024

1.700 Lebih Warga Dievakuasi dari Perbatasan Ukraina Akibat Serangan Rusia

1.700 Lebih Warga Dievakuasi dari Perbatasan Ukraina Akibat Serangan Rusia
Pemandangan menunjukkan bangunan rusak di lokasi serangan rudal Rusia, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di Kharkiv, Ukraina pada hari Jumat, 10 Mei 2024. (Foto-foto: Reuters)
1.700 Lebih Warga Dievakuasi dari Perbatasan Ukraina Akibat Serangan Rusia
Penduduk dari Vovchansk dan desa-desa terdekat menunggu bus di tengah evakuasi ke Kharkiv akibat penembakan Rusia, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di lokasi yang dirahasiakan dekat kota Vovchansk di wilayah Kharkiv, Ukraina 10 Mei 2024.

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ratusan orang dievakuasi dari daerah dekat perbatasan Rusia di wilayah Kharkiv, Ukraina, kata gubernur wilayah tersebut pada hari Sabtu (11/5), sehari setelah Moskow melancarkan serangan darat di sana.

“Sebanyak 1.775 orang telah dievakuasi,” tulis Gubernur Oleg Synegubov di media sosial, seraya menambahkan bahwa telah terjadi serangan artileri dan mortir Rusia terhadap 30 permukiman di wilayah tersebut selama 24 jam terakhir.

Pasukan Rusia membuat sedikit kemajuan di wilayah perbatasan yang berhasil direbut sejak hampir dua tahun lalu.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Jumat (10/5)  mengatakan “pertempuran sengit” sedang terjadi di wilayah tersebut. Wilayah Kharkiv sebagian besar berada di bawah kendali Ukraina sejak September 2022.

Sumber senior militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah maju satu kilometer (0,6 mil) ke Ukraina dan berusaha “menciptakan zona penyangga” di Kharkiv dan wilayah tetangga Sumy untuk mencegah serangan ke wilayah Rusia.

Para pejabat di Kyiv telah memperingatkan selama beberapa pekan bahwa Moskow mungkin akan mencoba menyerang wilayah perbatasan timur lautnya, sehingga meningkatkan keuntungannya ketika Ukraina berjuang mengatasi keterlambatan bantuan Barat dan kekurangan tenaga kerja.

Militer Ukraina mengatakan mereka telah mengerahkan lebih banyak pasukan dan Zelenskyy mengatakan pasukan Ukraina menggunakan artileri dan drone untuk menggagalkan kemajuan Rusia. “Unit cadangan telah dikerahkan untuk memperkuat pertahanan di wilayah garis depan ini,” katanya.

Institut Studi Perang (ISW) yang berbasis di Amerika Serikat mengatakan pada hari Jumat (10/5) bahwa Rusia telah memperoleh “keuntungan yang signifikan secara taktik.”

Namun tujuan utama operasi tersebut adalah “menarik pasukan dan material Ukraina dari sektor-sektor penting lainnya di Ukraina timur,” katanya.

ISW mengatakan serangan itu tampaknya bukan “operasi ofensif skala besar untuk mengepung, dan merebut Kharkiv” – kota terbesar kedua di Ukraina.

Warga Merasa Frustrasi

Penduduk kota perbatasan Ukraina, yang frustrasi dan marah atas serangan darat lapis baja yang dilakukan pasukan Rusia yang berusaha mendapatkan pijakan baru, dievakuasi dari rumah mereka pada hari Jumat dengan masa depan yang tidak pasti.

Para pejabat mengumpulkan puluhan penduduk Vovchansk dan desa-desa sekitarnya selama jeda pertempuran dan membawa mereka ke lokasi yang dirahasiakan di mana mereka menunggu bus untuk membawa mereka ke lokasi yang aman.

“Kami pergi karena kami sekarat karena dunia Rusia,” kata Valerii Dubskyi, 60 tahun, mengacu pada konsep Rusia yang memperluas pengaruh Moskow melampaui perbatasannya.

“Ini bisa menjadi neraka, bersama dengan (Presiden Rusia Vladimir) Putin dan otoritas mereka. Mereka adalah musuh kita. Mereka menguji semua jenis senjata pada kami, kecuali bom nuklir.”

Dubskyi mengatakan dia belum makan selama 24 jam. Bahkan mengambil air sumur pun mustahil dilakukan di tengah derasnya penembakan yang tiada henti.

“Selama pemboman, Anda akan bergegas ke ruang bawah tanah atau keluar dari ruang bawah tanah,” katanya. “Di sana dan kembali.”

Sekelompok pengungsi duduk di bangku sambil memegang segenggam harta benda, mengemas tas-tas dengan rapat di samping mereka di tanah. Relawan menyusun daftar pengungsi. Makanan dalam karton plastik dibagikan.

Halyna Ukrainyk, yang sedang menggendong seekor kucing sambil menunggu busnya, mengatakan bahwa penembakan dimulai pada hari sebelumnya sekitar pukul 03:00 pagi. Dia dan yang lainnya dikurung di ruang bawah tanah.

“Sebuah jalan hancur total. Penembakan,” katanya. “Sungguh mengerikan apa yang terjadi di sana. Tidak mungkin untuk tinggal di sana.”

Antonina Kornuta, dari desa terdekat Buhaivka, mengatakan sebagian besar pikiran masyarakat tertuju pada pengungsi muda. “Ini sangat menakutkan,” katanya. “Saya punya cucu, anak-anak. Ini tentang kehidupan mereka. Saya tidak ingin pergi.”

Pengungsi, ditemani oleh setidaknya satu anjing, diam-diam masuk ke dalam kendaraan yang menunggu.

Oleksii Kharkivsky, kepala polisi patroli Vovchansk, mengatakan pasukan Rusia tampaknya berniat menghancurkan kota tersebut. “Dalam waktu 24 jam, mungkin terjadi beberapa ratus serangan artileri, ranjau, dan puluhan bom curah,” katanya.

“Mereka menghancurkan kota, mereka mencoba masuk ke dalam wilayah tersebut. Tapi tidak ada pasukan musuh di kota ini.”

Bagi Dubskyi, betapapun tertibnya pemberangkatan itu, masih ada sesuatu yang tidak nyata di dalamnya. “Saya ingin mencubit diri sendiri karena menurut saya itu tidak nyata, hanya mimpi buruk. Tapi sebenarnya tidak apa-apa,” katanya. “Saya pikir usia tua akan menjadi masa tenang. Tapi lihat saja. Dan masih banyak lagi jutaan orang seperti saya, terima kasih kepada Putin. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home