Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 12:37 WIB | Selasa, 13 Desember 2022

Kenya: Tradisi Perburuan Singa Diubah Jadi Olimpiade Maasai

Kenya: Tradisi Perburuan Singa Diubah Jadi Olimpiade Maasai
Penonton perempuan Maasai menyaksikan Olimpiade Maasai di Kimana Sanctuary, Kenya selatan Sabtu, 10 Desember 2022. Acara olahraga yang pertama kali diadakan pada tahun 2012 ini terdiri dari enam acara lintasan dan lapangan berdasarkan keterampilan prajurit tradisional dan dibuat sebagai alternatif untuk membunuh singa sebagai ritus perjalanan. (Foto-foto: AP/Brian Inganga)
Kenya: Tradisi Perburuan Singa Diubah Jadi Olimpiade Maasai
Seorang pria Maasai melempar lembing saat berkompetisi dalam Olimpiade Maasai di Kimana Sanctuary, Kenya selatan, Sabtu, 10 Desember 2022.

KIMANA SANCTUARY, SATUHARAPAN.COM-Komunitas Kenya yang paling dikenal telah meninggalkan tradisi perburuan singa dengan tombak untuk lempar lembing di acara dua tahunan yang disebut Olimpiade Maasai.

Orang-orang Maasai, terkenal dengan pakaian warna-warni mereka, sebagian besar adalah penggembala dan tinggal di dekat beberapa taman margasatwa yang paling banyak dikunjungi di Kenya. Serangan Maasai terhadap satwa liar sering disebut sebagai ancaman bagi beberapa populasi hewan.

Ritus peralihan tradisional untuk seorang pemuda Maasai adalah membunuh singa dengan tombak untuk membuktikan kejantanannya, mendapatkan nama pejuang dan kekaguman di kalangan perempuan muda.

Tapi tetua Maasai seperti Mingati Samanya, 69 tahun, sedang memetakan jalur baru bagi pejuang muda komunitas, yang juga dikenal sebagai moran.

Selama masa mudanya, Samanya membunuh dua singa untuk menunjukkan bahwa dia adalah seorang laki-laki dan begitulah cara dia menerima "nama singa" Mingati dalam bahasa Maa. Namanya saat lahir adalah Naiganya.

Samanya sekarang termasuk di antara lusinan tetua yang mendorong Moran Maasai untuk mengejar cara alternatif untuk membuktikan maskulinitas mereka yang mencakup berpartisipasi dalam kompetisi atletik, lempar lembing, dan lompat Maasai pada Olimpiade komunitas.

Pada hari Sabtu, di Kimana Sanctuary di kaki Gunung Kilimanjaro, pemuda dan beberapa perempuan bersaing memperebutkan medali dan hadiah uang tunai.

 “Selama ini, kami membunuh singa dan tidak mendapat manfaat apa pun. Saat ini, ketika moran melempar lembing dan lari, mereka mendapat uang. Sebelumnya, kami tidak mendapatkan apa-apa. Itu hanya kemiskinan daripada menafkahi keluarga kami,” kata Samanya kepada The Associated Press.

Vivian Nganini, yang menghadiri Olimpiade Maasai dengan mengenakan gaun pengantin tradisional lengkap dengan kalung manik-manik warna-warni, mengatakan gadis masa kini lebih menyukai moran modern.

“Paling tidak dengan lari, mereka bisa mendapatkan uang dan bisa menghidupi istri dan anak-anaknya,” kata ibu dua anak berusia 22 tahun ini.

Olimpiade Maasai juga merupakan bagian dari upaya konservasi yang lebih luas. “Sisi budaya para pejuang yang ingin membunuh singa agar terkenal diselesaikan dengan acara ini,” kata Craig Millar dari Big Life Foundation kepada AP.

Populasi singa di ekosistem Amboseli yang meliputi Suaka Kimana telah meningkat 10 kali lipat selama 20 tahun terakhir, menurut Millar. Dia menghubungkan ini dengan berbagai inisiatif seperti penegakan hukum anti perburuan liar dan program kompensasi untuk mengurangi hilangnya ternak milik Maasai karena pemangsa.

Tetapi bahaya lain tetap ada bagi satwa liar. Beberapa bagian Kenya dan wilayah Afrika Timur yang lebih luas telah mengalami empat musim berturut-turut dengan curah hujan yang tidak memadai, dengan ratusan gajah, rusa kutub, zebra, dan hewan lainnya mati, menurut laporan baru-baru ini oleh otoritas satwa liar.

Selama masa kering yang berkepanjangan, risiko konflik manusia-satwa liar meningkat, tetapi masyarakat yang tinggal di dekat taman didorong untuk melindungi dan hidup berdampingan dengan hewan liar.

“Kami sekarang memahami manfaat satwa liar bagi perekonomian negara dan manfaat langsung bagi kami, suku Maasai, yang tinggal di dekat taman,” kata Baba Siton, seorang tetua yang tinggal di dekat Suaka Kimana. “Saya sering membiarkan hewan liar yang tidak berbahaya untuk minum di panci air bersama ternak saya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home