Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben Ezer Siadari 16:30 WIB | Senin, 18 Mei 2015

JK: Reshuffle Kabinet Diumumkan dalam Waktu Dekat

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto:bbc.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Presiden Joko Widodo sedang mempersiapkan perombakan kabinet di usia setengah tahun pemerintahannya.

"Kami telah mengatakan bahwa setiap enam bulan kami harus mengevaluasi kinerja para menteri," kata Jusuf Kalla, kepada Financial Times, yang melansirnya kemarin (17/5). Ia menambahkan bahwa perubahan kabinet itu bisa diumumkan dalam waktu dekat.

Financial Times tidak menyebutkan kapan dan dimana Jusuf Kalla menyatakan hal itu. Namun bila melihat jadwal Wapres, JK kemungkinan menyatakan hal itu dalam lawatannya ke London, yang dimulai sejak 13 Mei lalu. Kemarin (17/5), sebagaimana diberitakan Antara, JK menerima pengurus Indonesia Islamic Center London di kediaman salah putrinya, Lisa.

Dalam wawancara dengan Financial Times, Wapres menjelaskan bahwa kepemimpinan baru Jokowi telah tiba pada sebuah periode pemerintahan yang bersih dengan pengambilan keputusan yang transparan. "Seorang menteri atau bahkan presiden tidak dapat menunjuk orang-orangnya untuk pekerjaan apa pun," jelasnya. "Sekarang harus dengan sistem terbuka....ini sangat revolusioner. "

Financial Times mengatakan Presiden Joko Widodo kini berada dalam situasi kurang menguntungkan dimana dukungan untuk presiden telah berkurang di tengah perubahan cepat yang ingin dilakukan. Satu jajak pendapat pada Februari menunjukkan peringkat dukungan kepadanya turun ke angka 42 persen dari 72 persen pada Agustus.

Keputusan Jokowi untuk memangkas subsidi BBM di akhir tahun lalu merupakan salah satu reformasi besar yang diparesiasi banyak kalangan. Ia menjanjikan penghematan yang diperoleh dari keputusan itu akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur. Namun, rincian investasi infrastruktur itu dinilai belum jelas hingga saat ini.

JK mengakui bahwa Presiden telah membuat beberapa keputusan yang tidak populer, dan menurutnya itu baik. "Kadang-kadang tidak populer dan itu baik bagi negara, seperti mengurangi subsidi BBM," katanya.

Dengan perlambatan ekonomi Tiongkok dan melemahnya harga komoditas, yang mewakili lebih dari separuh ekspor Indonesia, perekonomian sekarang tumbuh dengan kecepatan yang paling rendah dalam lima tahun terakhir.

Namun, JK menyatakan optimismenya bahwa  harga komoditas ekspor akan meningkat dalam dua tahun ke depan. Ia juga yakin investasi akan tumbuh.

"Kami berharap bahwa siklus harga akan meningkatkan dalam dua tahun ke depan, investasi di smelter, kilang dan sebagainya, banyak dari proyek-proyek ini akan beroperasi dalam dua tahun ke depan."

Jokowi adalah presiden Indonesia pertama yang berasal dari luar elit politik dan militer. Berangkat dari karier sebagai pengusaha kemudian menjadi walikota, ia memberikan harapan baru bagi masyarakat ketika ia memenangi pemilu.

Namun, beberapa personel yang ia pilih untuk mengisi kabiet, memunculkan kekhawatiran bahwa Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, telah memaksakan pengaruhnya. Bahkan ada spekulasi yang menyatakan Jokowi menjadi boneka dari partai pendukungnya.

JK membantah hal itu dan mengatakan Jokowi tetap menjadi dirinya sendiri. "Jokowi sangat berpengalaman dalam pemerintahan," kata Kalla. "Hal biasa di mana-mana dalam pemerintahan di seluruh dunia, Anda harus berkonsultasi. . . Megawati sangat adil."

Banyak spekulasi mengatakan reshuffle akan menjadi kesempatan bagi Partai Golkar, partai oposisi utama yang pernah dipimpin JK dan kini tengah dilanda perseteruan internal, untuk bergabung dalam koalisi pemerintahan.

"Fakta bahwa Golkar akan masuk pemerintah tidak dapat diremehkan," kata Achmad Sukarsono, analis Eurasia Group, dikutip oleh Financial Times.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home