Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:41 WIB | Selasa, 15 Maret 2022

Joe Biden Akan Bertemu Pemimpin Negara Anggota NATO, Bahas Invasi Rusia

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan tindakan baru terhadap Rusia atas perangnya terhadap Ukraina, selama pidato di Ruang Roosevelt di Gedung Putih di Washington, AS, pada 11 Maret 2022. (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Brussel pekan depan untuk bertemu dengan para pemimpin NATO guna membahas  invasi Rusia di Ukraina, kata sumber AS dan asing yang mengetahui situasi tersebut, hari Senin (14/3).

Rencana itu, yang masih difinalisasi, menyerukan Biden untuk bertemu dengan para pemimpin lain dari aliansi NATO di Brussels pada 23 Maret, kata tiga sumber.

Mereka memperingatkan bahwa rencana itu masih bisa berubah mengingat situasi yang berkembang pesat di Ukraina. Pertemuan itu terjadi saat pasukan Rusia terus meningkatkan serangan mereka ke Ukraina.

Satu sumber mengatakan Biden juga dapat melakukan perjalanan ke anggota NATO Polandia, di mana kekhawatiran meningkat setelah serangan Rusia di pangkalan besar Ukraina hanya beberapa mil dari perbatasan yang menewaskan 35 orang.

Anggota NATO khawatir akan terseret ke dalam konflik militer dengan Rusia yang memiliki senjata nuklir. Biden telah berulang kali mengatakan bahwa Amerika Serikat tidak akan mengirim pasukan ke Ukraina, tetapi akan mempertahankan "setiap inci" wilayah NATO.

Juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki, mengatakan bahwa Amerika Serikat terlibat erat dengan mitra NATO dan sekutu Eropanya tetapi belum ada keputusan akhir tentang perjalanan kepresidenan.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada 24 Februari, serangan terbesar terhadap negara Eropa sejak Perang Dunia Kedua, Amerika Serikat dan sekutunya telah mengoordinasikan sanksi luas terhadap Moskow dan Presiden Vladimir Putin sebagai hukuman. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home