Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:52 WIB | Selasa, 15 Maret 2022

Serangan Rudal Rusia Dekat Polandia, Mendorong Kekhawatiran Perang Meluas

Serangan Rudal Rusia Dekat Polandia, Mendorong Kekhawatiran Perang Meluas
Orang-orang memindahkan barang-barang mereka dari bangunan yang hancur setelah terkena tembakan artileri di Kiev, Ukraina, Senin, 14 Maret 2022. (Foto: AP/Felipe Dana)
Serangan Rudal Rusia Dekat Polandia, Mendorong Kekhawatiran Perang Meluas
Seorang petugas pemadam kebakaran Ukraina bekerja di sebuah gedung apartemen setelah terkena tembakan artileri di Kiev, Ukraina, Senin, 14 Maret 2022. (Foto:AP/Vadim Ghirda)
Serangan Rudal Rusia Dekat Polandia, Mendorong Kekhawatiran Perang Meluas
Orang-orang, beberapa yang telah melarikan diri dari Ukraina, berbaris di loket tiket di stasiun kereta api di Warsawa, Polandia, 13 Maret 2022. (Foto: AP/Czarek Sokolowski)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM-Serangan rudal Rusia yang menewaskan sedikitnya 35 orang di Ukraina barat, sekitar 15 mil dari Polandia, anggota NATO. Ini menimbulkan kecemasan dan mendorong orang Polandia untuk bergegas ke kantor paspor dan menimbun kebutuhan pokok di tengah kekhawatiran perang yang dapat memutus persediaan, atau bahkan meluas ke Polandia.

Antrean panjang pelamar, tidak terlihat selama beberapa dekade, terbentuk hari Senin di luar kantor paspor utama Warsawa di Jalan Krucza. Makanan kaleng, air kemasan, senter, dan baterai memenuhi keranjang pembeli. Orang-orang di jalan membicarakan berita terbaru dan kekhawatiran mereka akan masa depan.

Di jalan, di luar kantor paspor, Justyna Winnicka, 44 tahun, sedang mengisi formulir paspor untuk putrinya yang berusia 16 tahun, Michalina.

“Kami ingin memiliki paspor karena yang terakhir kedaluwarsa dan kami ingin dapat pergi berlibur, tetapi juga ingin dapat bepergian ke luar negeri jika terjadi sesuatu di sini di Polandia,” kata Winnicka kepada The Associated Press.

Ditanya apakah dia takut karena pertempuran di seberang perbatasan Polandia, dia berkata, "Semua orang takut hari ini."

“Kita semua percaya bahwa fakta bahwa kita berada di NATO akan melindungi kita dalam beberapa cara, tetapi kita masing-masing juga mengingat sejarah Perang Dunia II dan aliansi (yang gagal) pada masa itu,” kata Winnicka. “Hal-hal dapat berubah dengan cara yang berbeda. Di Polandia orang agak takut,” katanya.

Pada hari Minggu, Anna Kwiatkowska, 42 tahun, seorang ibu dari dua anak, mengatakan seorang teman yang bekerja untuk sebuah perusahaan asing telah menyarankan keluarga untuk menyiapkan paspor dan beberapa dolar juga.

“Makanya saya akan mengajukan pembuatan paspor untuk anak saya,” kata Kwiatkowska, yang anaknya, berusia 10 dan 8 tahun, belum bepergian ke luar negeri.

Masa Lalu Polandia dan Uni Sovyet

Semua ini terlepas dari fakta bahwa Polandia yang pernah menjadi bagian dari negara blok Timur Polandia sejak 1999, NATO memperkuat kehadiran militernya di Polandia timur, dekat dengan perbatasan Ukraina, dan menekankan bahwa aliansi tersebut memenuhi tugasnya untuk memastikan keamanan Polandia.

Tetapi serangan Rusia pada hari Minggu di pusat pelatihan militer Ukraina di Yavoriv, ​​kurang dari 25 kilometer dari perbatasan dengan Polandia, mengguncang kepercayaan orang-orang Polandia yang tinggal di dekat perbatasan. Itu menciptakan kecemasan di antara yang lain yang terlalu sadar akan kontrol Rusia dan Uni Soviet masa lalu atas wilayah Polandia.

Pada hari Senin, sembilan orang tewas dalam serangan roket pagi hari di sebuah menara televisi di Antopol, sekitar 100 mil (160 kilometer) dari perbatasan Polandia.

Perdana Menteri Mateusz Morawiecki mengatakan serangan itu, dekat dengan rute pengungsi ke Polandia, juga dimaksudkan untuk "memicu kepanikan di kalangan warga sipil" yang melarikan diri dari "kengerian perang."

Polandia telah menerima lebih dari 1,8 juta pengungsi dari Ukraina, hampir semua perempuan dan anak-anak, sejak 24 Februari, ketika pasukan Rusia menyerbu Ukraina dan kemudian melancarkan serangan ke rumah sakit, sekolah, dan daerah pemukiman.

Morawiecki mengatakan bahwa serangan Yavoriv dan serangan terhadap warga sipil ditujukan untuk "menghancurkan upaya kemanusiaan ini ... bantuan yang ditawarkan kepada orang, perempuan, anak-anak yang tidak bersalah."

Wakil menteri luar negeri Polandia, Marcin Przydacz, mengatakan dia tidak percaya bahwa Rusia, yang dia nyatakan "tampak tidak mengatasi di Ukraina," akan mencoba menyerang negara NATO. Namun demikian, dia menekankan "seseorang harus berhati-hati dan kami berhati-hati."

Sadar Potensi Ancaman

Orang-orang di ibu kota, Warsawa, di Polandia tengah, terlalu sadar akan potensi ancaman bagi negara-negara blok Timur yang, seperti Polandia, pernah berada di bawah kendali Uni Soviet, selama lebih dari empat dekade setelah Perang Dunia II.

“Kami telah hidup dengan aman sejauh ini; Saya mengira pandemi adalah yang terburuk yang akan saya alami, tetapi sekarang ada perang tepat di seberang perbatasan kami,” kata pensiunan Emilia Gancarz, 61 tahun.

"Saya tidak ingin mengalami perang, ini adalah hal terburuk di dunia," katanya, menambahkan bahwa dia menimbun lilin, makanan kering, kacang-kacangan, dan makanan kaleng, untuk berjaga-jaga. Dia mengatakan beberapa temannya membeli panel surya kecil, jika terjadi pemadaman listrik.

Walikota Warsawa Rafal Trzaskowski mendesak warga agar tenang. “Kita semua menonton Presiden (Volodymyr) Zelenskyy. Jika dia tidak panik, kami tidak panik. Ayo. Tidak ada kepanikan,” kata Trzaskowski dalam konferensi pers.

“Tentu saja orang bertanya, bagaimana jika sebuah roket tersesat? Kami juga bertanya bagaimana jika ada serangan kimia. Tapi tidak ada kepanikan. Kami merasa aman. Kami mendapat jaminan yang sangat penting dari Presiden (Joe) Biden dan sekretaris jenderal NATO dan teman-teman lain dari negara-negara NATO … yang mengunjungi kami setiap hari,” kata Trzaskowski.

Sementara itu, beberapa orang Polandia melakukan apa yang mereka bisa untuk mencoba mempengaruhi opini publik di Rusia dan sekutunya Belarusia. Dengan bendera biru-kuning Ukraina, mereka memblokir jalan ke perbatasan Polandia dengan Belarusia, menghentikan truk dengan plat registrasi Rusia atau Belarusia. Mereka memberi tahu pengemudi tentang menargetkan warga sipil oleh pasukan Rusia di Ukraina, tetapi pengemudi mengatakan mereka tidak tahu apa-apa tentang itu, atau hanya mengurus bisnis mereka sendiri, menurut TNV24 swasta Polandia.

Serangan Yavoriv pada Minggu pagi dan gonggongan anjing membangunkan penduduk desa kecil di Polandia, Wielkie Oczy, lebih dari satu mil (dua kilometer) dari Ukraina. Dari balkon mereka, mereka bisa melihat cahaya ledakan dan asap yang mengepul.

Mereka kemudian berbondong-bondong menghadiri Misa di gereja Katolik Roma setempat, untuk membagikan apa yang mereka lihat dan mencari penghiburan dari tetangga. Seluruh keluarga “terkejut. Kami takut,” kata Lucyna Lesicka, 56 tahun.

Pendeta Jozef Florek, imam di Gereja Dikandung Tanpa Noda, mengungkapkan kecemasan mereka. “Jika bukan ledakan yang membangunkan kita, maka kita aman. Saya bukan seorang nabi, tetapi kami memiliki bom yang jatuh tidak jauh dari kami hari ini yang membangunkan kami.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home