Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:18 WIB | Sabtu, 25 Juni 2022

Jokowi Akan Kunjungi Kiev, Ukraina, Bertemu Volodymyr Zelenskyy

Presiden Joko Widodo. (Foto: dok. BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo akan mengunjungi ibu kota Ukraina, Kiev dan bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy.  Kunjungan ini dilakukan di tengah invasi Rusia ke negara tetangga Ukraina.

Meski pertempuran antara Rusia dan Ukraina masih berkobar, sudah tak ada lagi pertempuran di Kiev. Kini, Rusia memusatkan serangannya di wilayah selatan dan timur Ukraina, seperti Mykolaiv, Kharkiv, dan Donbas.

Jarak Kiev ke Donbas sekitar 849 kilometer. Sementara jarak dari Kiev ke Kharkiv diperkirakan sekitar 489 kilometer.

Meski jauh dari medan tempur, Pasukan Pengamanan Presiden tetap mempersiapkan perlindungan bagi Jokowi, mulai dari helm hingga rompi anti peluru. Peralatan itu dapat dipakai jika diperlukan.

Komandan Paspampres RI, Tri Budi Utomo, juga menyatakan pihaknya sudah menyiapkan 39 personel. Mereka yang diterjunkan pernah menempuh pendidikan di Komando Pasukan Khusus, Denjaka, hingga Paskhas.

Untuk memastikan kedatangan dan keamanan Jokowi dan delegasi, Paspampres bahkan akan mengirim 10 orang ke Kiev pada pekan ini.

Sebelum Jokowi ke Ukraina, sejumlah pemimpin negara Barat juga pernah berkunjung ke Kiev, termasuk Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, Kanselir Jerman, Olaf Scholz, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dan sejumlah kepala pemerintahan negara Arat dan Uni Eropa, serta pejabat tinggi lain.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home