Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:52 WIB | Selasa, 25 Januari 2022

Jokowi Dorong Pagar Alam Jadi Kota Pertama Nol Emisi

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan di Lapangan Merdeka, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, pada hari Senin, 24 Januari 2022. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

PAGAR ALAM, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo mengapresiasi Kota Pagar Alam atas pengembangan energi hijau dengan memulai penggunaan listrik dari energi mikrohidro, dan mendorong pemerintah setempat untuk menindaklanjuti penggunaan energi hijau, sehingga menjadi kota pertama dengan nol emisi.

“Ini akan menjadi kota dengan zero emission yang pertama kalau nanti bisa ditindaklanjuti. Ini baru listrik rumah tangga dan penggunaan listrik yang lainnya. Kalau ditindaklanjuti nanti penggunaan kendaraannya listrik, penggunaan mobilnya listrik, Pagar Alam akan menjadi kota yang pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau,” kata Jokowi di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, hari Senin (24/1).

Dikatakan, sekarang semua negara mulai merencanakan menuju ke energi baru terbarukan, baik itu menggunakan energi matahari, hydropower, geotermal, panas bumi, arus bawah laut, panas permukaan laut, maupun angin. Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan energi terbarukan tersebut.

“Setelah kita hitung-hitung, energi baru dan terbarukan yang kita miliki itu ada kurang lebih. hitungan terakhir, tapi saya kira itu belum final, 418.000 megawatt yang kita miliki, baik itu dari tenaga air, hydropower, panas bumi, geotermal, tidal arus bawah laut, panas permukaan laut, angin, tenaga surya. Semuanya kita miliki,” katanya.

Dengan pengembangan energi hijau serta didukung keindahan alamnya, Jokowi meyakini seluruh Tanah Air akan melihat keindahan Kota Pagar Alam. Presiden juga menyatakan bahwa pemerintah pusat akan terus mendukung pengembangan energi hijau di Pagar Alam.

“Saya tadi sudah menyampaikan kepada Pak Menteri BUMN, kepada Pak Gubernur Sumatera Selatan, kepada Pak Wali Kota Pagar Alam agar mulai direncanakan. Pemerintah pusat akan membantu di tempat-tempat yang bisa kita bantu,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home