Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 12:28 WIB | Jumat, 09 Desember 2022

Jokowi Gelar Acara Siraman Menjelang Pernikahan Kaesang Pangarep

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kiri), putri kedua Kahiyang Ayu (kiri) dan menantu Bobby Nasution (kedua kiri) memasang "bleketepe" di atas gerbang kediamannya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022). Pemasangan "bleketepe" tersebut merupakan bagian dari prosesi adat pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. (Foto: Antara)

SOLO, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi memasang anyaman daun kelapa (bleketepe) di depan rumah sebagai tanda pesta pernikahan sebelum acara tradisi siraman calon pengantin Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, di Sumber Banjarsari Solo, hari Jumat (9/12).

Jokowi mengenakan pakaian adat Jawa warna magenta dan ibu Iriana mengenakan kebaya corak bunga warna pink dan hijau muda memasang bleketepe yang menggambarkan kesepakatan melangsungkan pernikahan dengan adat Jawa.

Jokowi kemudian bersama ibu Iriana membuka tuwuhan atau pisang raja dengan dihiasi janur dan kelapa cengkir gading yang ada di sebelah kanan dan kiri pintu masuk rumah kediamannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sungkeman, Kaesang Pangarep meminta doa restu kepada Bapak Ibu sebelum dilaksanakan siraman dengan air yang diambil dari tujuh mata air yakni dari Keraton Kasunanan, Mangkunengaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, istana Bogor, dan rumah kediaman Solo.

Acara siraman dengan air dari sumber yang sama juga berlangsung di Yogyakarta di rumah calon pengantin Peremuan Erina Gudono.

Presiden Jokowi mengatakan acara sungkeman dan siraman berjalan baik, dia memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya berjalan dengan baik. Dia juga memohon maaf apabila acara mengganggu kenyamanan warga.

"Kami sekeluarga mohon maaf sebesar-besarnya terutama masyarakat Solo dan Yogyakarta," kata Jokowi pada Jumat.

Menurut Jokowi dalam acara sungkeman sebagai orang tua mengharapkan dan mendoakan agar Kaesang dan Erina ke depan bisa menjadi keluarga sakinah, mawadah, waromah.

"Kami acara selanjutnya setelah Sholat Jumat menuju ke Yogyakarta untuk persiapan acara Jumat malam," kata Jokowi.

Kaesang Pangarep mengatakan acara sungkeman kepada kedua orang tua sempat menangis karena terharu dan bahagia melangsungkan pernikahan dengan Erina. "Saya sempat menangis terharu dan bahagia saat sungkeman dengan ibu dan bapak," kata Kaesang.

Acara akan dilanjutkan dengan malam midodareni  dan ijab babul, di Yogyakarta, pada hari Sabtu (10/12), kemudian dilanjutkan tasyukuran di Pura Mangkunegaran, pada hari Minggu (11/12). (dengan Antara)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home