Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:35 WIB | Minggu, 16 Oktober 2016

Jokowi Kunjungi Kampungnya Semasa Kecil

Presiden Joko Widodo membagikan buku saat jalan pagi sambil sambung rasa dengan warga di Jalan Slamet Riyadi Solo, hari Minggu (16/10). (Foto: facebook.com/Jokowi)

SURAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi kediaman semasa kecil di kawasan bantaran Sungai Kali Pepe, Kampung Cinderejo, Kelurahan Gilingan, Surakarta, hari Minggu (16/10).

Presiden Jokowi menunjukan dan menceritakan kenangan menjaid rakyat kecil semasa kecilnya yang sering bermain di sungai bersama-teman-temannya.

Menurut Jokowi kunjunganya ke lokasi semasa kecilnya di bantaran Sungai Kali Pepe Kampung Cinderejo Banjarsari Solo, ada yang meminta.

"Saya datang di lokasi bantaran sungai ini, ada yang minta menunjukan dimana saya lahir dan hidupnya semasa kecilnya. Saya hidup di bantaran sungai selama 12 tahun dan sering bermain-main di sungai ini," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan saat melihat-lihat di kampung semasa kecilnya bertemu dengan dua temannya yang sering bersama-sama mengajak mandi di sungai ini. 

Menyinggung soal adanya kegiatan relokasi masyarakat di bantaran sungai Kali Pepe, Jokowi meminta agar masyarakat diberikan sosialisasi sebelum mereka direkolasi di tempat yang lebih baik.

Menyinggung soal Sungai Kali Pepe yang sekarang sering menjadi ancaman bencana banjir di Kota Solo, Jokowi mengatakan hal tersebut bukan hanya di daerah ini, tetapi juga terjadi dimana-mana di Indonesia.

Menurut Jokowi bencana banjir terjadi karena banyak adanya kerusakan lingkungan di daerah hulu, sehingga di hilir terkena imbaskan.

Namun, semua pemerintah Porvinsi di Indonesia sekarang sudah terus bekerja mengerjakan dampak kerusakan lingkungan di daerah hulu tersebut.  

Salah satu warga bantaran, Bandi (59) teman semasa kecil Presiden Jokowi, mengatakan, dirinya semasih kecil sering bermain di sungai bersama Jokowi yang sekarang menjadi Presiden RI.

Bandi mengatakan dahulu semasa kecil sering bermain di sungai mancing ikan dan mencari telur bebek di sungai ini. Pada zaman dahulu banyak ternak bebek dilepas dan bertelur di sungai.

"Saya dan Pak Jokowi menunggu peternak bebek pulang dan kemudian mencari telur bebek yang ditinggal di pinggiran sungai ini. Telur itu, kemudian langsung direbus dengan air sungai ini, untuk dimakan," kata Bandi.

Menurut dia, Pak Jokowi dahulu menempati rumah bersama orang tuanya yang berjualan kayu di pasar bambu tersebut.

Presiden Jokowi setelah mengunjungi di kampung semasa kecilnya kemudian langsung mendatangi acara penyerahan sertifikat gratis di Lapangan Kota Barat Solo, dan dilanjutkan kunjunganya ke Museum Batimk Danar Hadi di Jalan Slamet Riyadi dan terakhir di Pasar Klitikan Notoharjo Solo. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home