Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 14:31 WIB | Senin, 05 September 2016

Jokowi Minta Miliarder Tiongkok Jadi Penasihat Ekonominya

Presiden Joko Widodo ((kiri) dan Ibu Iriana Widodo (kedua kiri) disambut Chairman and Chief Executive Alibaba Group Jack Ma (tengah) di kampus Xixi di Hangzhou, Provinsi Zhejiang Province, Tiongkok, hari Jumat (2/9). (Foto: Antara)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo meminta miliarder Tiongkok, Jack Ma, untuk menjadi penasihat ekonominya untuk KTT G20 yang dijadwalkan berlangsung 4-5 September di Hangzhou, TIongkok.

Jokowi menyampaikan keinginannya itu kepada pendiri Kelompok Bisnis Alibaba itu dalam kunjungannya ke Hangzhou, provinsi Zhehiang pada hari Jumat (2/9), sebagaimana dilaporkan oleh China Daily.

Dalam kesempatan itu, Widodo menyatakan bahwa ia berharap untuk meningkatkan kerjasama antara perusahaan kecil dan menengah di Indonesia dengan grup Alibaba. Dia juga meminta bantuan Jack Ma dalam memungkinkan 56 UKM Indonesia untuk menembus pasar Tiongkok dan global.

Ma, yang menyambut positif undangan tersebut, menyatakan bahwa visi dan dukungan pemerintah Indonesia terhadap UKM konsisten dengan visi Alibaba. Dia juga mendampingi Jokowi dan Ibu Negara Indonesia, iriani, selama kunjungan mereka ke markas Alibaba Xixi.

Ma mengatakan model bisnis perusahaannya cocok untuk pasar Indonesia dengan penduduk yang besar dan  UKM yang banyak, yang memberikan potensi besar dalam industri e-commerce. Ia juga yakin bahwa perusahaan-perusahaan Indonesia bisa mendapatkan keuntungan dari apa yang Alibaba tawarkan.

Jack Ma, yang merupakan ketua gugus tugas pengembangan UKM B20, sedang menyiapkan platform perdagangan dunia elektronik (electronic world trade platform, eWTP) pada KTT G-20, untuk membantu sektor swasta meningkatkan perdagangan global.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home