Loading...
RELIGI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:02 WIB | Minggu, 24 November 2013

Kabah Miliki Kunci Baru Berlapis Emas

Kabah. (Foto: alarabiya.net)

MEKKAH, SATUHARAPAN.COM - Kabah sebuah bangunan suci umat Islam yang berdiri di tengah Masjidil Haram di kota suci Mekkah, sekarang memiliki kunci berlapis emas baru beserta anak kuncinya.

"Ini adalah pertama kalinya kunci emas dan anak kunci emas untuk Ka'bah, meskipun kunci dan anak kunci itu baru nan indah tapi bentuk dan spesifikasinya sama dengan yang lama,” kata Sheikh Abdul Qader al - Shaibi, wali Kabah kepada Al Arabiya.

"Satu-satunya perbedaannya adalah terbuat dari emas, dan anak kuncinya sedikit lebih lebar dan lebih pendek dari yang lama," kata dia.

Kunci dan anak kunci yang baru ini terbuat dari nikel dan dilapisi emas, merupakan hadiah dari Raja Saudi, Abdullah bin Abdul Aziz.

Sisi depan kunci emas 18 karat terdapat tulisan kesaksian iman Islam sementara tulisan sumbangan dari raja Saudi tertulis di bagian belakang.

Mengenai pengalihan tanggung jawab penjaga Kabah kepada penggantinya harus mengikuti ritual tertentu yang telah berlangsung selama ratusan tahun.

"Tradisi yang sudah dijalani selama berabad-abad adalah bahwa kunci akan dipegang oleh anak tertua dari keluarga kami," kata Shaibi.

Keluarga Shaibi telah menjadi penjaga Kabah selama lebih dari 15 abad, mereka bertanggung jawab untuk memelihara dan merawat.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home