Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:36 WIB | Selasa, 15 Juli 2014

Kabinet Israel ke Kairo untuk Perundingan Gencatan Senjata

Asap mengepul dari bangunan setelah serangan udara Israel menghantam Gaza pada pagi Kamis (10/7) ketika angkatan udara Israel mulai menyerang dengan menembakkan sekitar 300 target di di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM - Kabinet keamanan Israel akan menuju Kairo, Mesir untuk perundingan hari Selasa (15/7) pagi waktu setempat untuk membahas usulan Mesir tentang gencatan senjata di Gaza. Demikian dikatakan seorang pejabat senior Israel.

Perundingan ini akan berlangsung setelah delapan hari serangan udara Israel ke Gaza dan serangan roker Hamas di Gaza ke Israel. "Kabinet keamanan akan bertemu besok (Selasa-Red) pagi-pagi untuk secara serius membahas usulan Mesir," kata pejabat itu kepada AFP dengan tidak mau disebutkan namanya.

Mesir mengusulkan gencatan senjata mengakhiri konflik antara  Hamas dan Israel yang dimulai pada pukul 06.00 GMT atau pukul 13.00 WIB hari Selasa ini. Hal itu kemudian diikuti pembicaraan tentang membuka arus barang ke Jalur Gaza yang selama ini diblokade.

Usulan itu disampaikan hari Senin (14/7) malam setelah media pemerintah Mesir melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry,  yang selama ini menengahi  konflik Palestina-Israel, akan mengunjungi Mesir untuk mendorong gencatan senjata dan menghentikan perang selama delapan hari  yang telah membunuh 184 warga Gaza.

"Pukul 06.00 GMT telah ditetapkan untuk awal pelaksanaan gencatan senjata antara kedua belah pihak," kata teks proposal Mesir itu.

Hamas sendiri mengakui bahwa upaya menuju gencatan senjata sedang berlangsung, tetapi menyebutkan belum ada kesepakatan yang dicapai.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home