Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 19:23 WIB | Jumat, 01 November 2013

Kadin Kucurkan Dana untuk UKM Rp 1,45 Miliar

Madu hutan sebagai upaya pelestarian hutan. (Foto: Kartika Virgianti)

PALEMBANG, SATUHARAPAN.COM - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengucurkan bantuan modal kerja untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebesar Rp 1,45 miliar, sebagian di antaranya dikucurkan untuk Sumatera Selatan (Sumsel).

"Dana tersebut di antaranya dikucurkan di Sumatera Selatan sebesar Rp 450 juta," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial, Roeslani dalam siaran persnya dalam rapat pimpinan nasional Kadin, pada Jumat (1/11) di Palembang.

Menurut Roeslani, kucuran dana itu penting karena di tengah dinamika ekonomi Indonesia yang mengalami penurunan maka perlu permodalan. “Jadi UKM menjadi salah satu penopang ekonomi ketika krisis sehingga perlu diperkuat melaui bantuan permodalan. Selain itu, dengan potensi yang ada terutama masa depan Indonesia ada di daerah-daerah,” kata dia.

Menurut Wakil Ketua Umum Kadin itu, sebagian besar pelaku ekonomi terutama usaha kecil terkendala dana dalam meningkat daya saing. Sehubungan dengan itu, pihaknya merekomendasikan kepada para usaha kecil dan menengah untuk bisa mengakses permodalan melalui lembaga non perbankan.

Kemudian, dia mengatakan, Kadin bidang perbankan dan finansial melalui program klinik bisnis usaha kecil menengah daerah selama ini tidak hanya memberikan jaminan modal kerja saja, tetapi juga berupaya mengedukasi para pelaku usaha. “Jadi jika sebelumnya kurang kuat sehingga nantinya bisa memiliki keuangan yang lebih baik,” ungkap Roeslani menambahkan.

Pemberian permodalan itu dilakukan saat rapat pimpinan nasional Kadin yang dihadiri oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, serta undangan lainnya. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home