Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 11:44 WIB | Jumat, 03 April 2015

Kamis Putih, Paus Fransiskus Basuh Kaki 12 Napi dan 1 Balita

Paus Fransiskus membasuh kaki narapidana perempuan di Penjara Rebibbia, Italia Utara, Kamis (2/4). (Foto: AP)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – Paus Fransiskus membasuh kaki 12 narapidana dan bayi di penjara utama Roma Kamis (2/4) dalam ritual pra-Paskah dimaksudkan untuk menunjukkan kesediaannya untuk melayani. Dia meminta mereka untuk berdoa agar ia juga bisa dibersihkan dari “kotoran.”

Di tengah isak tahanan, Fransiskus berlutut, menuangkan air dari kendi ke satu kaki masing-masing, dikeringkan dan kemudian menciumnya, kembali memberlakukan ritual bahwa Yesus dilakukan pada rasul sebelum ia disalibkan.

Para narapidana termasuk enam orang dari penjara Rebibbia dan enam perempuan dari penjara wanita di dekatnya itu. Salah satunya adalah seorang ibu yang membawa anaknya di pangkuannya: Fransiskus mencuci dan mencium kaki kecilnya juga.

Fransiskus telah merevolusi Kamis Putih upacara pembasuhan kaki dengan melakukan hal itu pada perempuan dan non-Katolik

Balita yang ikut ibunya dalam ibadah Kamis Putih juga ikut dibasuh kaki oleh Paus.

dan dengan melakukan perjalanan ke rumah-rumah tahanan dan fasilitas untuk orang sakit. Aturan Vatikan mengatakan ritual harus dilakukan pada laki-laki, mengingat bahwa rasul Yesus adalah laki-laki.

Dalam homili Kamis Putih yang disampaikan di kapel penjara, Fransiskus berusaha untuk memberikan tahanan harapan, mengatakan kepada mereka bahwa Yesus mengasihi mereka sampai titik memberikan hidupnya untuk masing-masing dan setiap satu dari mereka.

“Dia melakukannya untuk Anda, untuk Anda, untuk Anda, bagi saya,” katanya sambil menunjuk ke tahanan. “Untuk semua orang dengan menyebut nama Anda satu persatu. Karena kasih Yesus bersifat pribadi.”

Berbicara spontan seperti yang telah dilakukan selama tiga tahun terakhir pada hari Kamis Putih, Fransiskus menjelaskan upacara pembasuhan kaki dimaksudkan untuk menunjukkan kesediaan Yesus untuk melayani orang lain seperti budak, untuk membersihkan dan menyucikan mereka sepenuhnya.

“Bahkan saya pun harus dibersihkan oleh Tuhan,” katanya. “Dan untuk ini, berdoa selama misa ini, sehingga Tuhan juga mencuci kotoran saya juga, sehingga saya menjadi lebih seperti budak dalam pelayanan orang seperti yang Yesus lakukan.”

Fransiskus telah memfokuskan banyak perhatian pada pelayanan penjara, mengecam hukuman mati sebagai hal tidak manusiawi dan menyebut hukuman seumur hidup sebagai hukuman mati “tersembunyi”. Dia telah sering bertemu dengan narapidana, termasuk selama perjalanan baru ke Naples, tempat ia makan siang dengan tahanan gay dan transgender.

Fransiskus disambut hangat oleh narapidana saat memasuki penjara dan dia menyediakan waktu cukup lama setelah misa untuk menyambut para napi di depan kapel. Mereka mencium pipi masing-masing dan membelai tangannya. Ia membiarkan mereka berlama-lama, merasakan kebutuhan mereka untuk sentuhan manusia.

Dia juga mengabaikan protokol liturgi saat ia berjalan menyusuri lorong kapel, yang memungkinkan narapidana untuk menyentuhnya di tengah tepuk tangan meriah.

Kamis Putih menandai dimulainya empat hari yang sibuk bagi Fransiskus. Pada hari Jumat, ia melakukan prosesi larut malam Via Crucis di Roma Colosseum. Pada hari Sabtu, ia memimpin Malam Paskah dan beberapa jam kemudian ia merayakan Misa Paskah Minggu. (huffingtonpost.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home