Loading...
INDONESIA
Penulis: Tunggul Tauladan 14:18 WIB | Selasa, 21 April 2015

Kampung Code Citarasa Brasil

Tampilan permukiman di Kampung Code yang disulap menjadi lebih indah dan unik dengan cara pengecatan menggunakan beragam warna (Foto: Tunggul Tauladan)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM -- Kampung Code yang berlokasi di RT 01, RW 01, Kota Baru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta memiliki tampilan baru. Rumah-rumah di kampung yang pada masanya merupakan binaan dari Romo Mangun ini, kini dicat dengan beraneka warna cerah. Sekilas konsep pengecatan ini mirip dengan perkampungan di Kickstarter, Rio de Janeiro, Brasil.

Tampilan menarik Kampung Code yang tepat berada di sebelah selatan Jembatan Jenderal Sudirman (Jembatan Gondolayu) ini mengundang perhatian dari sejumlah orang yang kebetulan melintas di atas jembatan. Pemandangan ini tak biasa karena keseluruhan bangunan, mulai dari tembok hingga atap, dicat dengan beragam warna cerah, seperti warna merah, kuning, biru, dan putih.

Darsam, Ketua RW 01, Kampung Code menuturkan, ide awal dari pengecatan kampung tersebut bermula dari sponsorship berupa salah satu produk rokok. Kala itu, sebuah produk rokok menawarkan program pengecatan kampung sebagai upaya untuk mengenalkan produk terbaru dari rokok yang bersangkutan. Tawaran tersebut disambut dengan baik oleh para warga.

“Pada awalnya ada tawaran dari salah satu rokok untuk mengecat kampung ini. Tawaran itu merupakan program untuk mengenalkan produk terbaru. Melihat ada tawaran untuk mempercantik kampung, para warga setuju saja. Harapannya, setelah kampung ini dipercantik, maka akan banyak wisatawan yang datang ke sini,” ujar Darsam pada Senin (20/4).

Darsam menambahkan, selain mengecat kampung, program yang ditawarkan adalah pemberian lampu penerangan. Lampu-lampu yang nantinya akan dipasang tersebut diharapkan akan semakin mempercantik tampilan Kampung Code di malam hari.

“Selain mengecat rumah warga, nanti juga akan ada tambahan pemberian lampu penerangan. Lampu-lampu ini akan semakin mempercantik kampung ini di malam hari,” tambah Darsam.

Dilihat dari segi artistik, konsep pengecatan Kampung Code termasuk ke dalam kategori seni mural. Lewat sentuhan seni luar ruang inilah, Kampung Code yang sangat padat penduduk ini disulap menjadi lebih indah dan sedap dipandang mata. Tampilan warna-warni inilah yang memaksa mata para pejalan kaki yang melintas di Jembatan Gondolayu untuk melirik dan menikmati keunikan yang ada di Kampung Code. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home