Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:33 WIB | Jumat, 05 Juni 2015

Kandidat Presiden FIFA Chung Mong-Joon Terbang ke Eropa

Chung Mong-Joon (paling kanan) pengusaha kapal dan mesin industri Korsel. (Foto: forbes.com)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Chung Mong-Joon dari Korea Selatan, mantan wakil presiden FIFA dan kandidat kuat yang akan menggantikan Sepp Blatter, terbang ke Berlin Jerman pada Jumat (5/6) untuk membicarakan masa depan badan persepakbolaan dunia yang tengah dilanda krisis tersebut.

Chung, miliarder dari perusahaan Hyundai Korea, mengatakan ia akan bertemu Michel Platini, kepala Union of European Football Associations (UEFA), dan tokoh-tokoh sepak bola internasional lainnya di Berlin untuk final Liga Champions.

Chung yang sekarang menjabat ketua kehormatan Asosiasi Sepakbola Korea (Korea Football Association/KFA), adalah wakil presiden FIFA periode 1994-2011.

Dia ingin “bertukar pendapat tentang bagaimana melakukan reformasi di tubuh FIFA,” menurut pernyataan singkat yang diterbitkan di situsnya.

Pada Rabu, Chung mengatakan ia sedang mempertimbangkan untuk mencalonkan diri menggantikan Blatter, presiden lama FIFA yang telah mengumumkan pengunduran dirinya di tengah skandal korupsi yang menimpa badan sepakbola tersebut.

Blatter akan tetap menjalankan mandatnya sampai pemilihan diadakan, kira-kira antara Desember tahun ini hingga Maret 2016.

Pengkritik Blatter, Chung sebelumnya mengisyaratkan akan mencalonkan diri untuk menjadi presiden FIFA pada 2011. Tapi mengurungkan niatnya setelah kehilangan posisinya sendiri di dewan eksekutif FIFA atas Pangeran Ali bin al Hussein dari Yordania.

Kali ini, dia masuk dalam daftar kandidat nonresmi yang juga meliputi Platini dan Pangeran Ali, serta tokoh-tokoh besar sepakbola seperti Zico dari Brasil dan Luis Figo dari Portugal.

Sebelum naik pesawat ke Berlin, Chung mengatakan dia akan memutuskan apakah akan mencalonkan diri sebagai presiden FIFA setelah berdiskusi dengan tokoh-tokoh sepakbola dunia di sana.
 
"Ini adalah waktu yang sangat sulit bagi FIFA," kata Chung pada wartawan di Bandara Internasional Incheon. "Saya akan berbicara dengan Presiden UEFA Michel Platini tentang keadaan FIFA saat ini dan apa yang harus dilakukan." (AFP)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home