Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:34 WIB | Kamis, 08 Januari 2015

Kantor HSBC Argentina Digeledah dalam Kasus Pajak

Ilustrasi HSBC. (Foto: mercopress.com)

BUENOS AIRES, SATUHARAPAN.COM – Otoritas menggeledah kantor bank Inggris HSBC di Buenos Aires pada Rabu (7/1) untuk menyelidiki dugaan penghindaran pajak yang melibatkan lebih dari 4.000 rekening warga lokal di Swiss, menurut keterangan seorang sumber pengadilan.

Sekitar 100 petugas berpartisipasi dalam penggeledahan itu, kata sang sumber, menambahkan bahwa HSBC memberikan “dokumen yang tersedia kepada otoritas pengadilan dan sedang dalam proses untuk mengambil langkah selanjutnya.”

Pada November kantor pajak Argentina, AFIP, menuntut HSBC dengan tuduhan membantu 4.040 warga Argentina menghindari pajak dengan menyimpan uang di rekening rahasia di Swiss atas nama mereka.

Pada saat itu HSBC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya “dengan tegas membantah (tuntutan) telah berpartisipasi dalam asosiasi ilegal apa pun, termasuk organisasi yang mengizinkan transfer modal guna menghindari pajak.”

Pada Rabu HSBC mengatakan pihaknya bekerja sama dengan regulator dan otoritas Argentina dan akan terus melakukannya.

Tuntutan tersebut adalah skandal terbaru bagi HSBC, setelah mantan pegawainya Herve Falciani membocorkan data ribuan pelanggan HSBC kepada otoritas Prancis, mengatakan dia ingin mengekspos kasus penggelapan pajak. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home