Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:31 WIB | Senin, 19 Desember 2022

Kapal MIliter Thailand Tenggelam, 31 Pelaut Masih Dicari

Foto dari Angkatan Laut Kerajaan Thailand, kapal perang korvet HTMS Sukhothai di lepas pantai provinsi Prachuap Khiri Khan, Thailand, Minggu, 18 Desember 2022. Kapal angkatan laut Thailand tenggelam di Teluk Thailand dan kapal serta helicopter bekerja untuk menyelamatkan pelaut dari air. (Foto: Angkatan Laut Kerajaan Thailand via AP)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM-Kapal dan helikopter angkatan laut Thailand pada hari Senin (19/12) mencari lebih dari 30 pelaut yang masih hilang lebih dari 17 jam setelah kapal perang mereka tenggelam di laut lepas di Teluk Thailand.

Hingga Senin sore, 75 pelaut dari korvet HTMS Sukhothai telah diselamatkan dan 31 masih hilang, kata angkatan laut. Gelombang tinggi yang menyebabkan kecelakaan itu telah berkurang sejak tenggelamnya pada hari Minggu malam, tetapi masih cukup tinggi untuk membahayakan kapal-kapal kecil, kata angkatan laut.

Seorang anggota kru yang diselamatkan yang diwawancarai oleh televisi Thai PBS mengatakan dia harus mengapung di laut selama tiga jam sebelum dia diselamatkan. Dia mengatakan kapal itu dihantam gelombang setinggi tiga meter saat tenggelam pada Minggu malam, mempersulit upaya penyelamatan.

“Gelombangnya masih tinggi dan kami tidak bisa mencarinya dari garis horizontal. Sebagai gantinya, kami harus menerbangkan helikopter dan mencari mereka dari pandangan mata burung,” kata juru bicara angkatan laut, Laksamana Pokkrong Monthatphalin, kepada Thai PBS.

Sebelas pelaut yang diselamatkan dirawat di rumah sakit. Angkatan laut membantah laporan media lokal bahwa satu kematian telah dikonfirmasi, dengan mengatakan kematian itu akibat kecelakaan yang melibatkan kapal lain.

Angin kencang meniupkan air laut ke HTMS Sukhothai dan mematikan sistem kelistrikannya pada Minggu malam, membuat kendali kapal menjadi sulit. Angkatan laut mengirimkan tiga fregat dan dua helikopter dengan mesin pompa bergerak untuk mencoba membantu kapal yang lumpuh itu dengan membuang air laut, tetapi tidak dapat melakukannya karena angin kencang.

Hilangnya daya memungkinkan lebih banyak air laut mengalir ke kapal, menyebabkannya miring dan tenggelam.

Departemen Meteorologi Thailand telah mengeluarkan peringatan cuaca untuk area umum hanya beberapa jam sebelum kecelakaan, mengatakan bahwa gelombang di Teluk Thailand diperkirakan setinggi 2-4 meter disertai hujan petir. Dan menyarankan agar semua kapal "melanjutkan dengan hati-hati" dan memperingatkan kapal kecil untuk tidak melaut sampai hari Selasa.

Sukhothai dibangun di Tacoma, Washington, dan ditugaskan pada tahun 1987. Dengan beban maksimum 959 ton dan panjang 76,8 meter (252 kaki), berukuran sedang untuk sebuah korvet, sejenis kapal bersenjata yang biasanya digunakan untuk berpatroli di dekat perairan lepas pantai.

Kapal perang itu sedang berpatroli 32 kilometer dari dermaga di distrik Bangsaphan di Provinsi Prachuap Khiri Khan. Pokkrong mengatakan kapal tersebut telah melakukan patroli rutin untuk membantu setiap kapal nelayan yang membutuhkan bantuan.

“Prioritas utama kami sekarang adalah menyelamatkan semua pelaut. Rencananya kapal itu akan kami selamatkan nanti,” katanya. Pencarian dilakukan di area seluas 16 kilometer persegi di sekitar lokasi tenggelamnya kapal.

Sementara Thailand bagian utara dan tengah mengalami suhu terdingin tahun ini, Thailand jauh di selatan telah mengalami badai dan banjir dalam beberapa hari terakhir. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home