Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 15:56 WIB | Sabtu, 02 Juli 2022

Kapolri Terharu Dengan Partisipasi Warga untuk Hoegeng Awards

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan tiga penerima Hoegeng Awards tahun 2022. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terharu melihat antusiasme masyarakat yang tinggi dalam memilih figur polisi teladan di Hoegeng Awards 2022, dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76 tahun ini.

“Saya tadi sempat menitikkan air mata. Saya mengambil tisu pura-pura saya. Tapi sebenarnya saya menangis karena saya pikir penilaian masyarakat terhadap Polri sudah sangat jauh,” ujar Sigit dalam sambutannya pada acara di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7).

Sigit mengatakan tingginya partisipasi masyarakat yang mencapai 67 ribu orang itu sebagai bentuk apresiasi masyarakat kepada institusi yang dipimpinnya. “Alhamdulillah, masih ada 67.000 warga masyarakatyang  menilai untuk Hoegeng Awards,” katanya.

Sigit menyatakan institusinya akan terus berbenah dan terus menbuka ruang agar masyarakat bisa menilai dan mngkritik, sehingga Polri kemudian memahami apa yang harus diperbaiki dan menjadi harapan masyakat. Sigit menganalogikan kritik itu sebagai obat yang harus tetap dimakan meskipun pahit agar terjadi kesembuhan.

“Kritik itu ibarat obat, walaupun itu pahit harus kita makan, supaya kita sembuh dari penyakit. Demikian juga apabila kita mendapat apresiasi dan apresiaisi itu membuat kita lupa, itu ibarat gula yang manis, tapi kalau kita terlalu banyak memakan gula itu, maka kita akan menjadi sakit,” kata Sigit yang disambut tepuk tangan tamu undangan.

Sigit mengemukakan pihaknya akan terus berupaya menteladani Hoegeng agar menjadi lebih baik, serta terus berupaya menjadi insitusi yang memberikan pengayoman, pelayanan yang baik, dekat dan di cintai masyarakat. Ia pun menyampaikan pesan Hougeng yang selalu ditanamkan oleh Polri tentang pentingnya menjadi orang baik.

“Kita lahirkkan semangat dari Pak Hoegeng, dan kita munculkan Hogeng-Hoegeng baru. Ingat pesan Pak Hoegeng, ‘Memang baik jadi orang penting, tapi lebih penting menjadi orang baik’, dan itu selalu kita tanamkan,” tuturnya.

Sigit menyampaikan kepada para Dewan Pakar, masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan HUT Bhayangkara, khususnya dalam acara pemberian penghargaan Hoegeng Awards.

“Terima kasih keluarga Bapak Hoegeng, Ibu Meri, anak, cucu dan cicit beliau, akan selalu menjadi teladan bagi kami semua, bagi junior-junior beliau, bagi institusi Polri untuk bisa terus melangkah mengarah ke suatu teladan yang menjadi panutan kita bersama. Dan itu menjadi tekad kami bahwa kami akan terus berbenah dan memperbaiki diri. Komitmen kami sebagai institusi yang tidak antikritik terus menerus kami bangun,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home