Loading...
RELIGI
Penulis: Ignatius Dwiana 15:04 WIB | Minggu, 16 Juni 2013

Karen Armstrong Kampanyekan Semangat Compassion

Karen Armstrong di antara pembicara dalam Talkshow dan Deklarasi Semangat Compassion di Gedung Dakwah Muhammadiyah Menteng Jakarta (15/6). (Foto: Ignatius Dwiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Penulis dan komentator dunia tentang agama, Karen Armstrong, datang ke Indonesia dalam acara Talkshow dan Deklarasi Semangat Compassion di Gedung Dakwah Muhammadiyah Menteng Jakarta pada hari Sabtu (15/6).

Mengutip buku terbarunya, Compassion, Karen Armstrong menceritakan tentang 12 langkah menuju hidup berbelas kasih. Compassion, welas asih, menurutnya adalah menanggung sesuatu bersama orang lain, merasakan penderitaannya. Welas asih diringkas secara tepat pada Kaidah Emas Konfusius. Kaidah Emas membantu melihat ke dalam hati, menemukan penyebab tersakiti, dan kemudian menolak dalam keadaaan apa pun untuk menimbulkan rasa sakit kepada orang lain.

Di dalam buku Compassion, bab langkah kedua belas yang berjudul “Cintailah Musuhmu,”  Karen Armstrong mencontohkan Yesus yang sanggup mencintai musuh-musuhnya. Selain itu Budha menjadi contoh lain yang melampaui keterbatasan dan keinginan diri.

Kunjungan Karen Armstrong dimaksudkan untuk membawa misi kerukunan antar umat beragama. Karen Armstrong juga tengah mengkampanyekan gerakan welas asih compassion sebagai sesuatu hal alamiah yang dimiliki manusia. Dia merumuskan gerakan 12 langkah menuju kasih sayang yang dimaksudkan untuk mengkampanyekan cinta dan kasih universal bagi semesta alam.

Penanggap buku Compassion antara lain Romo Heru Prakosa SJ; Pendeta Martin Sinaga, dengan moderator Pendeta Jonathan Victor Rembeth dari Humanitarian Forum Indonesia.

Di akhir acara dibacakan Piagam Welas Asih (Charter of Compasstion). Acara talkshow dan deklarasi semangat compassion diselenggarakan hasil kerjasama Humanitarian Forum Indonesia, Penerbit Mizan, dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home