Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 14:10 WIB | Senin, 04 Maret 2024

Wapres AS Sebut Israel Tidak Berbuat Banyak untuk Beri Bantuan Warga Gaza

Wakil Presiden AS, Kamala Harris, berbicara pada perayaan tahunan penyeberangan jembatan Bloody Sunday di Selma, Alabama, hari Minggu, 3 Maret 2024. (Foto: Jake Crandall via AP)

ALABAMA, SATUHARAPAN.COM-Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, secara blak-blakan menegur Israel pada hari Minggu (3/3) karena tidak berbuat cukup banyak untuk meringankan “bencana kemanusiaan” di Gaza dan menyerukan penghentian permusuhan yang berkepanjangan agar segera diterapkan, karena pemerintahan Joe Biden menghadapi tekanan yang semakin besar untuk mengekang sekutu dekatnya.

Seruan Harris untuk “gencatan senjata segera” mendapat sorak sorai dari massa bahkan ketika dia mengklarifikasi bahwa yang dia maksud adalah penghentian permusuhan sebagai bagian dari kesepakatan yang akan membebaskan sandera yang diculik dari Israel selatan oleh kelompok teror Hamas sekitar lima bulan lalu.

“Mengingat besarnya skala penderitaan di Gaza, gencatan senjata harus segera dilakukan,” kata Harris yang disambut dengan tepuk tangan meriah. “Setidaknya untuk enam pekan ke depan, itulah yang saat ini sedang dibahas.”

“Hamas mengklaim mereka menginginkan gencatan senjata. Ya, ada kesepakatan yang sedang dibahas. Dan seperti yang telah kami katakan, Hamas harus menyetujui kesepakatan itu,” kata Harris. “Mari kita lakukan gencatan senjata. Mari kita satukan kembali para sandera dengan keluarga mereka. Dan mari kita berikan bantuan segera kepada masyarakat Gaza.”

Pernyataannya konsisten dengan kebijakan lama AS bahwa cara terbaik untuk mencapai gencatan senjata adalah melalui kesepakatan penyanderaan, namun mencerminkan meningkatnya kesediaan Gedung Putih untuk mendukung retorika yang mendukung penghentian serangan Israel bahkan jika Yerusalem bertujuan untuk melenyapkan kelompok teror Hamas masih belum terealisasi.

Harris, yang berbicara di depan Jembatan Edmund Pettus di Selma, Alabama, tempat tentara negara memukuli demonstran hak-hak sipil AS hampir enam dekade lalu, mengarahkan sebagian besar komentarnya kepada Israel dalam apa yang tampaknya merupakan teguran paling tajam yang pernah dilakukan oleh seorang pemerintah senior AS terhadap Israel atas kondisi di daerah kantong pantai.

“Masyarakat di Gaza kelaparan. Kondisinya tidak manusiawi dan rasa kemanusiaan kita memaksa kita untuk bertindak,” kata Harris pada sebuah acara memperingati 59 tahun “Bloody Sunday” di Alabama. “Hati kami hancur untuk… semua orang tak berdosa di Gaza yang menderita akibat bencana kemanusiaan.”

Komentarnya menggarisbawahi rasa frustrasi yang kuat di dalam pemerintahan AS mengenai perang tersebut, yang telah merugikan Presiden Joe Biden di kalangan pemilih berhaluan kiri saat ia berupaya untuk terpilih kembali pada tahun ini.

“Pemerintah Israel harus berbuat lebih banyak untuk meningkatkan aliran bantuan secara signifikan. Tidak ada alasan,” katanya. “Mereka tidak boleh menerapkan pembatasan yang tidak perlu pada pengiriman bantuan. Mereka harus memastikan personel, lokasi, dan konvoi kemanusiaan tidak menjadi sasaran.”

Harris menambahkan bahwa Israel juga perlu berupaya memulihkan layanan dasar dan meningkatkan ketertiban sehingga “lebih banyak makanan, air, dan bahan bakar dapat menjangkau mereka yang membutuhkan.”

Komentar tersebut muncul sehari sebelum Harris dijadwalkan bertemu dengan menteri kabinet perang Benny Gantz di Gedung Putih, di mana ia diperkirakan akan menyampaikan pesan langsung serupa.

Amerika Serikat melakukan penerjunan bantuan udara pertamanya di Gaza pada hari Sabtu (2/3).

Hamas Tolak Berikan Daftar Sandera

Israel memboikot perundingan gencatan senjata Gaza di Kairo pada hari Minggu setelah Hamas menolak permintaannya untuk memberikan daftar lengkap nama sandera yang masih hidup, kata seorang pejabat Israel kepada The Times of Israel pada hari Minggu.

Beberapa media berbahasa Ibrani melaporkan meningkatnya pesimisme di Israel pada hari Minggu bahwa kesepakatan penyanderaan dan gencatan senjata dapat dicapai sebelum Ramadhan. Pejabat yang tidak disebutkan namanya yang dikutip oleh Channel 12, Ynet dan lainnya mengatakan Yerusalem mencurigai pemimpin Hamas di Gaza, Yahya Sinwar, tidak berniat mencapai kesepakatan dalam beberapa hari mendatang dan berharap untuk meningkatkan kekerasan selama Ramadhan, yang diperkirakan akan dimulai 10 Maret.

Situs berita Axios melaporkan pada hari Minggu bahwa Presiden AS Joe Biden mendorong Mesir dan Qatar agar Hamas menyetujui kesepakatan gencatan senjata sementara sebelum Ramadhan.

Dua pejabat AS yang dikutip dalam laporan tersebut mengatakan bahwa Biden, Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, dan Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sissi, “setuju bahwa tanggung jawab saat ini ada pada Hamas untuk menutup kesenjangan yang tersisa dalam paket tersebut.”

Pada Minggu sore, seorang pejabat Hamas mengatakan kepada CNN bahwa kelompok tersebut tidak akan menyetujui perjanjian tersebut tanpa persetujuan Israel untuk mengakhiri perang di Gaza, sebuah hal yang tidak akan dimulai oleh Israel.

Berbicara kepada pasukan di perbatasan Gaza pada hari Minggu, Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, mengatakan Israel tidak akan mengakhiri perang sampai Hamas benar-benar dibubarkan.

“Kami tidak akan mengakhiri perang ini tanpa melenyapkan Hamas. Tidak akan ada situasi seperti itu,” katanya. “Tidak akan ada Hamas sebagai organisasi yang berkuasa. Ini akan memakan waktu.”

Perang meletus pada tanggal 7 Oktober ketika ribuan teroris pimpinan Hamas melakukan serangan brutal di Israel selatan, membantai sekitar 1.200 orang dan menyandera 253 orang. Israel melancarkan serangan untuk melenyapkan Hamas dan memulangkan para sandera, dan menyalahkan kelompok teror tersebut atas penderitaan warga sipil yang terjebak dalam baku tembak, yang menurut Israel tertanam kuat di kalangan penduduk sipil.

Gencatan senjata selama sepekan sebelumnya terjadi lebih dari 100 sandera dibebaskan, sebagian besar wanita dan anak-anak. Dipercayai bahwa 100 sandera yang diculik oleh Hamas pada tanggal 7 Oktober masih berada di Gaza – bersama dengan sekitar 30 sandera lainnya.

Perjuangan untuk Kebebasan Belum Berakhir

Setelah mengakhiri sambutannya tentang Timur Tengah, Harris, perempuan kulit hitam dan Amerika keturunan Asia pertama yang menjabat sebagai orang nomor dua di panglima tertinggi, mengalihkan perhatiannya pada peristiwa Selma dan upaya berkelanjutan untuk mengatasi ketidaksetaraan rasial.

“Hari ini kami tahu perjuangan kami untuk kebebasan belum berakhir,” katanya. “Karena saat ini kita menyaksikan serangan besar-besaran terhadap kebebasan yang diperjuangkan dan diperoleh dengan susah payah, dimulai dengan kebebasan yang membuka semua kebebasan lainnya: kebebasan untuk memilih,” kata Harris, mengutip undang-undang di negara bagian di seluruh negeri yang melarang pemungutan suara, membatasi pemungutan suara dini dan, di Georgia, melarang pemberian makanan dan air kepada orang-orang yang mengantri untuk memilih.

Pada awal masa jabatannya, Biden menunjuk Harris untuk memimpin upaya pemerintahan mereka untuk memajukan hak suara, namun upaya tersebut gagal karena tidak adanya cukup suara di Kongres untuk mengesahkan undang-undang baru mengenai masalah tersebut.

Biden mengatakan demokrasi akan segera ditentukan pada pemilu 2024, di mana ia kemungkinan akan menghadapi mantan Presiden Donald Trump, calon presiden dari Partai Republik yang berupaya membatalkan hasil pemilu 2020 yang dimenangkan Biden. (Reuters/ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home