Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:14 WIB | Rabu, 27 Januari 2016

Kebakaran Kampung Bandan Ganggu Kereta Api

Stasiun Kampung Bandan. (Foto: Antaranews/Lia Wanadriani Santosa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kebakaran di pemukiman pinggir rel kereta api antara stasiun Kampung Bandan dan Jakarta Kota, Jakarta Utara, Selasa (26/1), mengakibatkan kerusakan jaringan listrik aliran atas (LAA), sistem sinyal, dan bangunan milik PT KAI di sekitar lokasi bencana.

"Dan terhambatnya perjalanan kereta api dari dan menuju Stasiun Jakarta Kota, seperti dari Bogor-Jakartakota PP, Bekasi-Jakartakota PP dan Tanjung Priok-Jakarta Kota PP," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Bambang S Prayitno melalui rilis pers yang diterima di Jakarta, Selasa (26/1).

PT KAI Daop 1 Jakarta, telah melakukan pemadaman (switch off) jaringan LAA untuk alasan keselamatan dan keamanan, yang kemudian berdampak delapan perjalanan KRL dari arah Stasiun Manggarai menuju Jakarta Kota mengalami hambatan.

Jalur lintas KRL lain seperti Stasiun Jatinegara-Jakarta Kota dan Tanjung Priok-Jakarta Kota juga terdampak akibat kebakaran tersebut.

Selain itu, KA lokal untuk keberangkatan dari Jakarta Kota tujuan Purwakarta juga terdampak kejadian kebakaran tersebut, dan terpaksa jalurnya dialihkan melalui lintas Jakarta Kota-Manggarai.

"Begitu juga kami lakukan evakuasi kereta-kereta `stabling` di depo Kampung Bandan, untuk menghindari merembetnya kebakaran," kata Bambang.

Hingga berita ini diturunkan, LAA telah difungsikan kembali sehingga KRL bisa beroperasi, namun untuk lintas Jakarta Kota-Tanjung Priok masih perlu perbaikan, karena terdapat jaringan LAA dan sistem persinyalan yang terbakar dan putus.

"Kerugian yang dialami masih dalam penghitungan, diperkirakan puluhan hingga ratusan juta rupiah," kata Bambang.

Sebelumnya, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 WIB di daerah pemukiman Kebon Sayur, Kampung Bandan, Jakarta Utara, yang lokasinya berada di pinggir rel antara Stasiun Kampung Bandan-Jakarta Kota.

Kebakaran tersebut, sudah berada dalam penanganan petugas pemadam kebakaran. Tenda untuk para korban juga telah didirikan di sekitar lokasi kebakaran, seperti dikutip dari akun media sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta. (Ant)

Editor: Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home