Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Tunggul Tauladan 18:18 WIB | Selasa, 18 Februari 2014

Kebutuhan Air Bersih Sangat Tinggi, Pasokan PDAM Tersendat

PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta. (Foto: Tunggul Tauladan)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM --  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta yang mengelola suplai air bersih di Kota Yogyakarta, mengaku kewalahan memenuhi kuota yang dibutuhkan masyarakat, yang ingin segera membersihkan rumah dan lingkungannya dari paparan material abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud. Lonjakan permintaan air bersih yang sangat signifikan dibandingkan dengan hari biasa, membuat suplai air dari PDAM ke masyarakat menjadi tersendat.

Suplai air yang tersendat atau terganggu tersebut diungkapkan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta, Dwi Agus Tri Widodo.

“Kebutuhan air bersih memang sangat tinggi karena mayoritas masyarakat hampir secara bersamaan membuka kran untuk menyemprot material abu vulkanik. Faktor inilah yang menyebabkan suplai air dari PDAM ke masyarakat tersendat. Hal lain yang mempengaruhi tersendatnya pasokan air adalah kontribusi PDAM untuk membantu melakukan penyemprotan. Sejak abu vulkanik melanda Yogyakarta, PDAM senantiasa mengirimkan mobil tangki air untuk melakukan penyemprotan pada siang hari,” demikian diungkapkan oleh Dwi Agus pada Senin (17/2).

Komplain dari Masyarakat

Suplai air bersih yang tersendat menuai banyak komplain dari masyarakat. Dirut PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta juga mengamini komplain yang masuk sebagian besar keluhan tentang tersendat atau tidak mengalirkan air bersih pada waktu-waktu tertentu.

“Pasokan air ke masyarakat memang akan terganggu atau berkurang mulai siang hingga sore karena saat itu masyarakat melakukan penyemprotan. Namun, suplai air akan kembali normal pada malam hari. Kami berharap masyarakat bisa memaklumi kondisi ini, karena di semua tempat abu vulkanik yang menumpuk cukup tebal membutuhkan air bersih dengan jumlah banyak untuk mengatasinya. Di sisi lain, kami tetap berkomitmen terus membantu menyemprot pada siang hari, sedangkan pada malam hari kami lebih fokus untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan,” ia menjelaskan.

Sebagai catatan, saat ini PDAM Tirtamarta memiliki 33.700 pelanggan di Kota Yogyakarta. Untuk memenuhi kuota air bersih tersebut, setiap hari PDAM Tirtamarta mampu menyediakan pasokan air sebanyak 550 liter/detik. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home