Loading...
HAM
Penulis: Reporter Satuharapan 13:49 WIB | Senin, 27 Agustus 2018

Kedua Korea Rampungkan Reuni Keluarga

Lee Keum-seom, 92 tahun, dari Korea Selatan (bertopi), memeluk erat putranya yang menetap di Korea Utara, sejenak memuaskan kerinduan setelah terpisah enam dekade. (Foto: Stars and Stripes)

KOREA, SATUHARAPAN.COM – Korea Utara dan Korea Selatan merampungkan putaran baru reuni keluarga yang terpisah akibat Perang Korea 1950-1953.

Sebanyak 89 orang dari Korea Selatan dengan 81 orang dari Korea Utara bertemu keluarga mereka di tempat wisata di Gunung Kumgang di Korea Utara selama masa tujuh hari, hingga hari Minggu (26/8/2018).

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pertemuan puncak keduanya di bulan April sepakat untuk melanjutkan kembali proyek itu untuk pertama kalinya dalam sekitar 3 tahun.

Tahun ini akan menandai peringatan 65 tahun sejak perjanjian gencatan senjata Perang Korea itu tercapai. Hingga bulan Juli, sekitar 56.000 orang di Korea Selatan mempunyai sanak keluarga yang terpisah di Korea Utara. Lebih dari 60 persen di antaranya berusia 80 tahun atau lebih. Banyak kekhawatiran bahwa mereka mungkin sudah meninggal sebelum bisa melihat sanak keluarganya kembali. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home