Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:57 WIB | Selasa, 09 Mei 2023

Kekurangan Amunisi, Tentara Bayaran Rusia Wagner Akan Ditarik dari Kota Bakhmut, Ukraina

Pendiri kelompok tentara bayaran pribadi Wagner Yevgeny Prigozhin membuat pernyataan saat dia berdiri di samping pejuang Wagner di lokasi yang dirahasiakan selama konflik Rusia-Ukraina, dalam gambar diam yang diambil dari video yang dirilis pada 5 Mei 2023. (Foto: Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Yevgeny Prigozhin, pemimpin pasukan tentara bayaran Grup Wagner Rusia, mengatakan dalam pengumuman yang tiba-tiba dan dramatis pada hari Jumat (5/5) bahwa pasukannya akan meninggalkan kota Bakhmut di Ukraina yang telah mereka coba rebut sejak musim panas lalu.

Prigozhin mengatakan mereka akan mundur pada 10 Mei, mengakhiri keterlibatan mereka dalam pertempuran perang terpanjang dan paling berdarah, karena kerugian besar dan pasokan amunisi yang tidak memadai. Dia meminta kepala pertahanan untuk memasukkan pasukan tentara reguler di tempatnya.

“Saya menyatakan atas nama pejuang Wagner, atas nama komando Wagner, bahwa pada 10 Mei 2023, kami wajib memindahkan posisi di pemukiman Bakhmut ke unit kementerian pertahanan dan menarik jenazah Wagner ke kamp logistik untuk menjilat luka kami,” kata Prigozhin dalam sebuah pernyataan.

“Saya menarik unit Wagner dari Bakhmut karena jika tidak ada amunisi, mereka akan binasa tanpa alasan.”

Wagner telah memelopori upaya Rusia yang lama dan mahal untuk merebut Bakhmut dan Prigozhin mengatakan tiga pekan lalu bahwa anak buahnya menguasai lebih dari 80 persen kota. Tapi pembela Ukraina telah bertahan, dan Prigozhin telah melampiaskan kemarahan yang meningkat atas apa yang dia gambarkan sebagai kurangnya dukungan dari lembaga pertahanan Rusia.

Tidak jelas apakah pernyataan terbarunya dapat diterima begitu saja, karena dia sering memposting komentar impulsif di masa lalu. Baru pekan lalu dia menarik satu pernyataan yang katanya dibuatnya sebagai "lelucon".

Sebelumnya pada hari Jumat (5/5) dia muncul dalam sebuah video yang dikelilingi oleh puluhan mayat yang katanya adalah pejuang Wagner, dan berteriak serta memaki Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, dan Kepala Staf Umum, Valery Gerasimov. Dia mengatakan mereka harus disalahkan atas kerugian Wagner karena mereka telah kelaparan amunisi.

“Kami kekurangan 70 persen amunisi. Shoigu! Gerasimov! Di mana amunisi sialan itu?” teriaknya ke kamera. Omelannya berisi semburan umpatan yang dibungkam oleh layanan persnya.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan dia tidak bisa mengomentari pernyataan Prigozhin.

Pertempuran Simbolis

Bakhmut, sebuah kota berpenduduk 70.000 orang sebelum dimulainya perang, telah menjadi sangat penting secara simbolis bagi kedua belah pihak karena intensitas dan durasi pertempuran di sana.

Penarikan tentara bayaran Wagner diumumkan dalam pernyataan yang ditujukan kepada kepala staf umum, kementerian pertahanan, dan Presiden Vladimir Putin sebagai panglima tertinggi.

Itu disertai dengan video dari Prigozhin di mana dia muncul dengan perlengkapan tempur lengkap di depan puluhan pejuangnya, sebuah senapan otomatis tergantung di bahunya.

“Karena kekurangan amunisi, kerugian kami meningkat secara eksponensial setiap hari,” kata pernyataan itu. “Anak-anakku tidak akan menderita kerugian yang tidak berguna dan tidak dapat dibenarkan di Bakhmut tanpa amunisi,” tambah Prigozhin dalam video tersebut.

"Jika, karena kecemburuan kecilmu, kamu tidak ingin memberi rakyat Rusia kemenangan merebut Bakhmut, itu masalahmu."

Pernyataan itu juga meminta Kepala Staf Umum Rusia, Valery Gerasimov, untuk mengganti pasukan Wagner di Bakhmut dengan pasukan Rusia.

Tanggal penarikan yang dinyatakan pada 10 Mei memberi kepala pertahanan hanya lima hari untuk mengisi celah yang akan dibuat oleh penarikan Wagner. Itu juga mengancam untuk membayangi perayaan nasional pada 9 Mei, ketika Rusia memperingati kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua dan Putin akan berpidato dari Lapangan Merah.

Prigozhin mengatakan dia memperkirakan akan menghadapi kritik. “Nanti, akan ada orang pintar yang mengatakan bahwa kita seharusnya lebih lama tinggal di Bakhmut,” katanya. "Siapa pun yang memiliki komentar kritis, datanglah ke Bakhmut, sama-sama, berdiri dengan senjata di tangan Anda menggantikan rekan-rekan kami yang terbunuh."

Dia juga berjanji bahwa Wagner akan kembali: “Kami akan menjilat luka kami, dan ketika Tanah Air dalam bahaya, kami akan bangkit kembali untuk mempertahankannya. Orang-orang Rusia dapat mengandalkan kami.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home