Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:04 WIB | Rabu, 14 September 2022

Kemajuan Ukraina, Tapi AS Bersiap untuk Hadapi Serangan Balik Rusia

Sebuah truk peluncur menembakkan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) ke sasaran yang dituju selama latihan militer Singa Afrika di kompleks Grier Labouihi, Maroko selatan, pada 9 Juni 2021. Para pemimpin AS dari Presiden Joe Biden ke bawah berhati-hati untuk tidak menyatakan kemenangan prematur, setelah serangan Ukraina memaksa pasukan Rusia mundur berantakan di utara. (Foto: dok.AP/Mosa'ab Elshamy)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Para pemimpin Amerika Serikat dari Presiden Joe Biden ke bawah berhati-hati untuk tidak menyatakan kemenangan prematur setelah serangan Ukraina memaksa pasukan Rusia mundur dengan berantakan di utara.

Sebaliknya, para pejabat militer melihat ke arah pertempuran yang akan datang dan menyusun rencana untuk menyediakan lebih banyak senjata dan memperluas pelatihan kepada Ukraina, sambil dengan waspada menunggu tanggapan Rusia terhadap kerugian medan perang yang tiba-tiba dan mengagetkan.

Meskipun ada perayaan luas atas kemenangan Ukraina selama akhir pekan, para pejabat AS tahu bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, masih memiliki pasukan dan sumber daya untuk dimanfaatkan, dan pasukannya masih menguasai sebagian besar wilayah timur dan selatan.

“Saya setuju tidak boleh ada spiking of the ball karena Rusia masih memiliki kartu yang bisa dimainkannya,” kata Philip Breedlove, pensiunan jenderal Angkatan Udara AS yang merupakan komandan tertinggi NATO dari 2013 hingga 2016.

“Ukraina sekarang jelas membuat perubahan di timur dan utara dan saya percaya bahwa jika Barat melengkapi Ukraina dengan benar, mereka akan dapat mempertahankan keuntungan mereka.”

Anggota parlemen secara khusus menunjuk pada senjata presisi dan sistem roket yang telah diberikan oleh AS dan negara-negara Barat ke Ukraina sebagai kunci untuk perubahan dramatis dalam momentum, termasuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi yang dipandu dengan presisi, atau HIMARS, dan Sistem Roket Anti-Missil Radiasi Kecepatan Tinggi, atau HARM, yang dirancang untuk menargetkan dan menghancurkan sistem pertahanan udara yang dilengkapi radar.

 “Mereka ada di sana, mereka di medan tempur, dan mereka membuat perbedaan,” kata Senator Chris Coons, seorang Demokrat Delaware dan anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat. Di tangan para pejuang Ukraina yang bermotivasi tinggi yang memanfaatkan senjata mulai dari pesawat tak berawak dan senjata Rusia yang ditinggalkan hingga senjata canggih dari Barat, HIMARS memungkinkan Ukraina “untuk membalikkan keadaan, secara dramatis,” kata Coons.

Sementara itu, seorang pejabat senior pertahanan mengatakan AS sedang melihat kebutuhan di masa depan, termasuk diskusi tentang penyediaan pelatihan tempur yang lebih intensif untuk unit Ukraina yang lebih besar, perubahan dari pelatihan saat ini yang berfokus pada tim yang lebih kecil yang belajar menangani senjata tertentu. Ini juga mempertimbangkan untuk mengirim sistem pertahanan udara tambahan, serta drone serangan mematikan dan lebih banyak drone pengintai. Pejabat itu adalah salah satu dari dua yang memberi pengarahan kepada wartawan pada hari Senin dengan syarat anonim untuk membahas rincian perencanaan.

Serangan Ukraina dalam beberapa hari terakhir dari serangan balasan yang sangat dinanti, di bagian lain negara dari mana pasukan Rusia yang menduduki Ukraina telah mengumpulkan kekuatan untuk menghadapinya. Ini telah membawa perubahan teritorial terbesar dalam beberapa bulan dalam perang 200 hari, diluncurkan ketika Putin menggulung pasukan Rusia ke negara tetangga, menargetkan pemerintahnya yang berorientasi Barat.

Para pejabat AS mengakui bahwa AS memberikan informasi untuk membantu serangan balasan Ukraina, tetapi menolak untuk mengatakan berapa banyak atau apakah pejabat Barat membantu menyusun strategi gagasan untuk membuat pasukan Rusia lengah dengan meminta perhatian untuk menyerang di selatan, sementara sebenarnya merencanakan lebih banyak serangan hebat di timur.

AS memberikan informasi "tentang kondisi" di negara itu, kata salah satu pejabat, tetapi "pada akhirnya, ini adalah pilihan Ukraina. Militer Ukraina dan kepemimpinan politik Ukraina membuat keputusan tentang bagaimana melakukan serangan balasan ini.”

Banyak Pasukan Rusia Menyerah

Pasukan Ukraina pada hari Senin mengklaim telah merebut kembali wilayah yang luas dan lebih dari 20 pemukiman Ukraina dari Rusia, mendorong kembali ke perbatasan timur laut kedua negara. Tentara Rusia menyerah dalam jumlah sedemikian besar sehingga Ukraina mengalami kesulitan memberikan ruang bagi mereka, kata pejabat militer Ukraina.

Ukraina telah menggempur 400 target seluruhnya dengan HIMARS sejak AS mulai memasok mereka, menggunakannya “dengan efek yang menghancurkan,” Jenderal Angkatan Darat, Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan kepada wartawan akhir pekan lalu saat serangan balasan Ukraina sedang berlangsung. .

Sistem yang dipasang di truk, dipandu GPS, menembak lebih cepat, lebih jauh, dan lebih tepat daripada peluncur roket rancangan Soviet yang digunakan oleh Rusia dan Ukraina. Mereka dapat mencapai target hingga 80 kilometer (50 mil) jauhnya. Pasukan Ukraina telah menggunakan 16 HIMARS dan beberapa sistem serupa untuk menyerang jalur pasokan, gudang amunisi, dan target penting Rusia lainnya.

Ukraina “percaya bahwa ini terjadi karena peralatan dan senjata teknologi baru yang kami kirimkan kepada mereka. Mereka ... berkata baik, jika Anda akan mengirim mereka enam bulan lalu,” kata Senator Dick Durbin, seorang Demokrat Illinois. “Kami tidak memilikinya enam bulan yang lalu, tetapi Anda tahu, kami harus membangun persenjataan, dan melatih orang-orang mereka di atasnya, membutuhkan waktu.”

Namun, para pemimpin Ukraina masih mendesak lebih banyak lagi bantuan senjata, termasuk jet tempur dan Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat jarak jauh, atau ATACMS, rudal permukaan-ke-permukaan yang sejauh ini ditolak AS untuk dikirim.

Pertanyaan kunci ke depan adalah seberapa banyak lagi Kongres dan publik Amerika bersedia menghabiskan uang untuk perang di Ukraina, yang menurut AS dan Barat juga merupakan ancaman signifikan bagi Eropa.

Tidak jelas apakah, atau bagaimana, keberhasilan pejuang Ukraina dalam beberapa hari terakhir akan mempengaruhi perdebatan yang sedang berlangsung. Gedung Putih telah meminta Kongres untuk memberi lampu hijau tambahan US$ 11,7 miliar bantuan sebagai bagian dari keseluruhan ukuran pendanaan pemerintah yang harus disetujui oleh anggota parlemen sebelum akhir bulan.

“Sejauh ini saya belum melihat kurangnya selera” untuk melanjutkan pendanaan untuk Ukraina, kata Senator Roy Blunt. “Saya pikir melihat kemampuan untuk menerima bantuan yang telah diberikan kepada mereka dan kemudian dengan jelas berhasil dalam beberapa upaya mereka adalah dorongan untuk ingin melakukan lebih dari itu.”

AS, kontributor utama upaya perang Ukraina di antara anggota NATO, telah menggelontorkan lebih dari US$15 miliar senjata dan dukungan militer lainnya ke Ukraina sejak Januari.

Biden mengakui keuntungan medan perang untuk Ukraina selama akhir pekan tetapi menolak untuk mengatakan lebih banyak. "Saya tidak akan membicarakannya sekarang karena semuanya sedang dalam proses," katanya kepada wartawan.

Breedlove mencatat bahwa terlepas dari kekalahan pertempuran baru-baru ini, Putin masih memiliki “banyak tank dan banyak truk dan banyak orang yang masih bisa dia lempar untuk ke masalah ini. Mereka bukan tank terbaiknya, truk terbaiknya, atau orang terbaiknya.”

Namun dia memperingatkan bahwa musim dingin mungkin membawa tantangan yang paling menakutkan. Langkah Putin untuk menutup pasokan bahan bakar ke Eropa, yang diperkirakan akan menaikkan harga, kemungkinan ditujukan untuk mengubah opini publik di seluruh kawasan.

“Meskipun militer Putin telah dipukuli di front militer, kartu besarnya, namun mungkin untuk bermain adalah seberapa baik Eropa bertahan bersama melalui musim dingin yang membuat Mr. Putin benar-benar membuat sengsara orang-orang Eropa,” kata Breedlove. “Saya pikir Tuan Putin berusaha mati-matian untuk bertahan di musim dingin karena harapan besarnya sekarang adalah memisahkan orang-orang Eropa dari kepemimpinan politik Eropa mereka.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home