Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 12:16 WIB | Senin, 15 April 2024

Kembar Siam Tertua Yang Masih Hidup, Lori dan George Schappell, Meninggal di Usia 62 Tahun

Kembar Siam Tertua Yang Masih Hidup, Lori dan George Schappell, Meninggal di Usia 62 Tahun
Dalam foto pada 8 Juli 2003 ini, Lori, kiri, dan George Schappell, si kembar siam, difoto di apartemen mereka di Reading, Pennsylvania, AS. Lori dan George Schappell, yang mengejar karier, minat, dan hubungan terpisah selama kehidupan yang tidak sesuai ekspektasi medis, meninggal pada 7 April 2024, di Rumah Sakit Universitas Pennsylvania pada usia 62 tahun. (Foto: dok. John A. Secoges/Reading Eagle via AP)
Kembar Siam Tertua Yang Masih Hidup, Lori dan George Schappell, Meninggal di Usia 62 Tahun
Si kembar siam ketika berusia 40 tahun George, kiri, dan Lori Schappell terlihat di rumah mereka di Reading, Pennsylvania, AS pada hari Kamis, 8 Agustus 2002. (Foto: dok. AP/Brad C. Bower)

READING-PENNSYLVANIA, SATUHARAPAN.COM-Si kembar siam Lori dan George Schappell, yang mengejar karier, minat, dan hubungan terpisah selama hidup yang tidak sesuai ekspektasi medis, meninggal pada bulan ini di Pennsylvania, menurut pejabat rumah duka. Mereka berusia 62 tahun.

Si kembar, yang terdaftar dalam Guinness World Records sebagai kembar siam tertua yang masih hidup, meninggal pada 7 April di Rumah Sakit Universitas Pennsylvania, menurut berita kematian yang diposting oleh Rumah Duka Leibensperger di Hamburg. Penyebab kematiannya tidak dirinci.

“Saat kami lahir, para dokter tidak mengira kami akan berumur 30 tahun, namun kami membuktikan bahwa mereka salah,” kata Lori dalam sebuah wawancara ketika mereka berusia 50 tahun, lapor The Philadelphia Inquirer. George keluar sebagai transgender pada tahun 2007.

Si kembar, lahir 18 September 1961, di West Reading, Pennsylvania, memiliki otak yang berbeda tetapi menyatu di bagian tengkorak. George, yang menderita spina bifida dan lebih pendek empat inci, didorong oleh Lori dengan bangku beroda adaptif. Meskipun masing-masing harus pergi ke tempat yang lain, “sangat penting” bagi keduanya “untuk hidup mandiri,” kata obituari tersebut.

Keduanya lulus dari sekolah menengah negeri dan mengambil kuliah. George menjalani enam tahun ketika Lori bekerja di binatu rumah sakit. Lori — “pemain bowling pemenang trofi,” menurut pemberitahuan obituari — melepaskan pekerjaannya pada tahun 1996 agar saudaranya dapat memulai karier musik country.

“Sejak usia 24 tahun, mereka telah tinggal sendiri dan sering bepergian,” kata berita kematian tersebut. Selama bertahun-tahun, mereka muncul di banyak film dokumenter dan acara bincang-bincang, serta dalam sebuah episode drama medis FX “Nip/Tuck.”

Philadelphia Inquirer melaporkan bahwa Lori pernah bertunangan dan akan menikah tetapi tunangannya meninggal dalam kecelakaan mobil. “Saat saya berkencan,” kata Lori, “George selalu membawa buku untuk dibaca.”

Si kembar mengatakan dalam film dokumenter tahun 1997 bahwa mereka memiliki jadwal mandi yang berbeda dan mandi satu per satu. George berbicara tentang memberi seseorang yang Anda cintai dan hormati “privasi dan kompromi dalam situasi yang Anda ingin mereka berikan kepada Anda.” Lori mengatakan kompromi berarti “Anda tidak mendapatkan semua yang Anda inginkan tepat pada saat Anda menginginkannya.”

Kembar siam terjadi sekali dalam setiap 50.000 hingga 60.000 kelahiran ketika kembar identik dari satu embrio gagal berpisah. Sekitar 70% adalah perempuan, dan sebagian besar lahir mati. Hanya sebagian kecil yang bergabung di kepala, hampir tiga perempatnya bergabung di dada dan lainnya di perut atau panggul.

Pemisahan dianggap berisiko bagi si kembar Schappell, namun Lori Schappell mengatakan kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara tahun 2002 di apartemen si kembar di sebuah kompleks senior bertingkat tinggi bahwa menurut dia operasi seperti itu tidak diperlukan dalam hal apa pun.

“Anda tidak boleh main-main dengan apa yang Tuhan ciptakan, meskipun itu berarti Anda menikmati kedua anak untuk waktu yang lebih singkat,” katanya. Dalam film dokumenter tahun 1997, George juga dengan tegas mengesampingkan gagasan pemisahan, dengan mengatakan, “Mengapa memperbaiki apa yang tidak rusak?”

Belum jelas siapa yang akan menyandang gelar kembar siam tertua yang masih hidup. Yang tertua yang pernah didokumentasikan adalah Ronnie dan Donnie Galyon, yang meninggal pada tahun 2020 pada usia 68 tahun. Eng dan Chang Bunker, “Si Kembar Siam” abad ke-19 yang menjadi terkenal sebagai pemain sirkus, hidup hingga usia 63 tahun.

Korban selamat dari si kembar Schappell termasuk ayah dan enam saudara kandungnya. Layanan privat telah direncanakan, kata rumah duka. (dengan AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home