Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 14:40 WIB | Sabtu, 27 September 2014

Kepolisian Inggris Bebaskan Aktivis Muslim Anjem Choudary

Anjem Choudary, aktivis Muslim radikal warga negara Inggris keturunan Pakistan. (Foto: bbc.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Kepolisian Inggris membebaskan aktivis Muslim radikal Anjem Choudary dengan jaminan pada Jumat (26/9), sehari setelah ia dan delapan orang lainnya ditangkap dalam penyelidikan terhadap kelompok ekstremis terlarang.

Choudary yang menyebut penangkapan itu “dimotivasi secara politik,” mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah “menunggu sampai hari sebelum jajak pendapat mengenai perang terhadap umat Islam atas serangkaian penangkapan para tokoh tinggi.”

Anggota parlemen Inggris pada Jumat (26/9) yang mayoritasnya mendukung untuk bergabung dengan misi udara pimpinan AS di Irak terhadap militan Islamic State (ISIS/NIIS), yang telah menguasai wilayah luas di negara tersebut dan melakukan pemenggalan terhadap beberapa sandera asing.

“Saya sudah dibebaskan dari tahanan polisi. Tidak lama setelah Cameron menyatakan perang terhadap Islam & Muslim di Irak & Suriah,” ujar Choudary menulis di akun Twitter-nya.

Polisi mengatakan penangkapan itu merupakan bagian dari penyelidikan Al-Muhajirun, sebuah kelompok ekstremis terlarang yang didirikan Choudary, seorang warga Inggris keturunan Pakistan yang dikenal sering memberikan pernyataan menghasut. (AFP)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home