Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 21:04 WIB | Sabtu, 27 September 2014

Somalia Ajukan Permohonan Bantuan kepada PBB

Presiden Hassan Sheikh Mohamud dalam Sidang Umum PBB, Jumat (26/9). (Foto: diplomat.so)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Presiden Somalia mengajukan permintaan bantuan kepada PBB sebesar 500juta dolar atau sekitar Rp 6 triliun bahkan saat dia menyatakan bahwa negaranya yang sedang dilanda perang itu “bukan lagi negara yang hancur.”

“Hal itu mendorong saya untuk melaporkan pada hari ini bahwa situasi kemanusiaan di Somalia sudah sangat memprihatinkan,” ujar Presiden Hassan Sheikh Mohamud dalam Sidang Umum PBB, Jumat (26/9).

Sekitar 3,2 juta orang membutuhkan bantuan dan lebih dari satu juta warga Somalia menghadapi krisis pangan akut dengan jumlah penduduk negara mencapai 7,5 juta, ujarnya.

Pengajuan bantuan kemanusiaan sebesar 933 juta dolar Amerika (sekitar Rp11,2 triliun) diluncurkan pada Juni, namun presiden mengatakan kurang dari sepertiga dari bantuan yang diminta sudah mencapai Somalia, sebuah negara yang identik dengan kekacauan dan pelanggaran.

“Situasi ini harus ditangani segera,” kata presiden tersebut. “Lebih dari setengah miliar dolar AS masih dibutuhkan untuk menyelamatkan banyak jiwa.”

Mohamud yang memimpin negara Horn of Afrika sejak 2012, mengutip kemajuan dalam memulihkan perdamaian dan menyatakan negaranya “bukan lagi Somalia yang gagal.”

“Kami masih sangat rentan, namun kami bukan lagi negara yang hancur,” ujarnya. (AFP)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home