Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:13 WIB | Kamis, 16 April 2015

Kerangka Manusia Berusia 5000 Tahun Ditemukan di India

Kerangka Ditemukan di sebuah kuburan kuno di desa Rakhigarhi, Hisar, India. (Foto: AFP)
NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM - Empat kerangka manusia lengkap diperkirakan berumur 5.000 tahun ditemukan di sebuah desa kuno di India utara.
 
Tim arkeologi dari India dan Korea Selatan telah menggali sejak 2012 di daerah yang diperkirakan situs peradaban kuno Lembah Indus di negara bagian Haryana, India.
 
Wakil pimpinan proyek, Nilesh Jadhav mengatakan kepada Hindustan Times, empat kerangka itu terdiri dari dua kerangka pria, satu perempuan dan satu kerangka anak ditemukan beberapa hari lalu di sebuah pemakaman desa bersama dengan barang-barang yang diyakini untuk reinkarnasi. 
 
"Kami juga menemukan beberapa benda seperti tembikar berisi biji-bijian makanan dan gelang dari kerang di dekat atau di sekitar kerangka yang memungkinkan kita untuk menyimpulkan para pemukim itu meyakini adanya reinkarnasi," kata Jadhav.
 
Salah satu peneliti Malavika Chatterjee mengatakan, mereka menemukan beberapa mainan yang kebanyakan berupa patung hewan berkarakter mitos.
 
"Sebuah patung anjing dengan tali yang menunjukkan aspek domestikasi mereka. Kami menemukan patung-patung unicorn juga, memberi kita kesan tentang keberadaan mitos di pikiran mereka," katanya.
 
Peradapan Lembah Indus atau peradaban Harappan merupakan budaya urban tertua di benua itu yang dimulai sejak 5.000 tahun lalu. Sedangkan penggalian terus dilakukan di lokasi seluas 20 hektar di desa Rakhigarhi distrik Hisar Haryana, barat laut dari New Delhi. (AFP)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home