Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 22:25 WIB | Minggu, 27 Oktober 2013

Kereta Perdamaian Gagal Masuk Korea Utara

Kereta Perdamaian Gagal Masuk Korea Utara
Perbatasan China dan Korea Utara. (Foto-foto: FB Peace Train)
Kereta Perdamaian Gagal Masuk Korea Utara
Para peserta Kereta Perdamaian berfoto dengan latar belakang Broken Bridge.

DANDONG, SATUHARAPAN.COM – Kereta Perdamaian sudah menempuh ribuan kilometer sejak dari Berlin, Jerman(7/10), melewati Moskow, Irkutsk, Beijing. Setelah 21 hari (27/10), kereta api yang membawa rombongan bermisi menyatukan Korea ini tiba di Dandong. Kota ini adalah kota terbesar di Republik Rakyat China yang berbatasan langsung dengan Korea Utara. Mereka tidak dapat masuk Korea Utara sehingga harus naik feri yang membawa mereka ke kota Korea Selatan terdekat, Incheon.

Ibadah Pagi di Dandong

Hari ini (27/10), Minggu, peserta Kereta Perdamaian akan bergabung dengan jemaat Dandong dalam ibadah pagi di gereja mereka, mungkin juga dengan jemaat Korea. Kemudian setelah makan siang kelompok akan menuju pelabuhan Dandong, di mulut sungai, di mana mereka akan naik feri untuk melakukan perjalanan melintasi Laut Kuning ke Incheon, perjalanan yang memakan waktu dari pukul 03.00 sore hari ini hingga pukul 09.00 pada hari Senin. Pada peta, tampak seolah-olah feri akan sangat dekat dengan pantai Korea Utara, terutama pantai barat. Kemudian, karena mereka datang ke arah Incheon, mungkin kita dapat melihat pantai selatan Korea Utara dari feri dan pulau-pulau intervensi dan air yang merupakan ditunjuk Garis Batas Utara. Ini adalah perairan yang disengketakan.

Setelah Gencatan Senjata ditandatangani, yang menyetujui Garis Demarkasi Militer di Semenanjung Korea, Amerika Serikat  secara sewenang-wenang memutuskan ini adalah batas perairan  perahu Korea Utara tidak bisa lewat. Namun, Korea Utara membantah baris ini, dan mereka menganggap satu sama lain lebih jauh ke selatan. Ruang antara kedua negara secara efektif masih dalam zona perang, dan daerah itu masih banyak masuk dalam objek perselisihan.

Selama Sidang Raya WCC, proposal akan dibawa ke majelis agar tempat ini bisa digunakan sebagai tempat pemancingan umum, bebas digunakan oleh nelayan dari kedua belah pihak.

Juga, pantai di sekitar ini telah diusulkan sebagai Zona Perdamaian. Rencana sebelumnya telah diusulkan untuk memperbesar Kompleks Industri Gaeseong daripada yang saat ini beroperasi. Ini mencakup zona dilindungi, Haeju. Rekomendasi tentang masalah ini dibawa ke WCC melalui Percakapan Ekumenis pada situasi di Semenanjung Korea. Feri akan melakukan perjalanan semalam, dan enam orang akan berbagi kabin penumpang.

Adapun penumpang yang tidak bisa pergi ke China, dan di Seoul, kemarin (26/10) mengunjungi Pemakaman Misionaris asing, seperti yang direncanakan, tetapi tidak mendapatkan lebih jauh dari itu. Siapa yang tahu betapa besar pengalaman ini akan menjadi! Salah satu peserta, Jang Chang Il merekomendasikan peserta lain pergi ke sana.

Peserta diajak menonton video yang bercerita tentang sejarah kekristenan di Korea, termasuk Katolik Roma, maka cerita singkat tentang misionaris dimakamkan, dilanjutkan dengan presentasi lisan oleh pemandu. Dia menceritakan tentang faktor-faktor yang berubah Korea melalui kontribusi para misionaris, tentang  kesadaran akan nilai setiap kehidupan manusia yang merupakan awal hak asasi manusia, penggunaan Hangeul, pendidikan, kedokteran.

Ada lagi ruang pameran yang menggunakan teknologi menakjubkan. Inti dari ini, berbicara tentang terjemahan Alkitab ke Korea. Kami menemukan itu cukup memukau, dan Afrika, terutama Pastor Emmanuel dan Tsion, sangat pindah rasa syukur bukti Korea terhadap misionaris yang melayani di antara mereka. Rombongan lalu pergi ke Jeoldusan Martyrs Shrine, yang menghormati orang-orang Katolik Roma banyak dibantai oleh pemerintah Choseon karena mereka menganiaya orang-orang Kristen sebagai pengkhianat Choseon selama penganiayaan selama awal abad ke-19.

Segera, orang-orang dari Kereta Perdamaian, Anda akan melihat pantai Korea. Ini adalah tanah yang membutuhkan doa. Meskipun negara yang telah memeluk iman Kristen, ada banyak masalah yang harus ditangani dalam perdamaian dan Roh Yesus.

Tiba di Dandong

Hari ke-19 Kereta Perdamaian (25/10) tiba di stasiun Dandong. Dandong adalah kota terbesar Republik Rakyat China yang berbatasan, yang mengarah Sinuiju, Korea Utara di seberang Sungai Yalu, perbatasan Demarkasi Sino-Korea.

Bagian paling timur Tembok Besar China ada di sini, dekat Dandong, yang menghadap Korea Utara. Bentangan dinding yang dikenal sebagai Tiger Mountain Great Wall, dibangun selama dinasti Ming dan berjalan paralel dengan perbatasan Korea Utara. Dari Dandong, China-Korea Utara terdapat Jembatan Persahabatan (berganti nama dari Jembatan Sungai Yalu pada 1990) menghubungkan Dandong dan SinÅ­iju. Ini dibangun kekaisaran Jepang antara April 1937 dan Mei 1943, selama pendudukan mereka atas Korea, untuk rentang Sungai Yalu.

Salah satu dari sedikit cara untuk memasuki atau meninggalkan Korea Utara, dengan mobil dan kereta api, namun pejalan kaki tidak diizinkan untuk menyeberang. Sejajar dengan Jembatan Persahabatan berdiri ‘Broken Bridge’. Setengah jembatan dihancurkan angkatan udara AS dalam Perang Korea, Broken Bridge meluas ke persis titik tengah antara Cina dan Korea Utara. Di kota adalah ‘Museum Perang Melawan Amerika dan Membantu Korea’, yang terdapat grafik peristiwa yang menyebabkan penyebaran lebih dari dua juta tentara Cina ke Korea pada 1950.

Berdoa untuk Krisis Pangan di Korea Utara

Di perbatasan, mereka akan menaikkan doa, bagi pengungsi dari Korea Utara, untuk mengakhiri senjata nuklir, bagi mereka di Korea Utara yang menderita kekurangan gizi dan wajah kelaparan, karena harapan bagi orang-orang di Utara yang telah melihat hanya putus asa, perampasan dan kekerasan, karena mereka yang bekerja untuk reunifikasi Korea, bagi keluarga terkoyak oleh pemisahan Korea Utara dan Selatan, untuk perdamaian di wilayah ini sering ketegangan dan kesalahpahaman ".

Saat mereka berjalan ini daerah perbatasan, dan bermeditasi tentang situasi yang telah menyebabkan divisi tersebut, kami berdoa agar para peziarah akan menemukan cara untuk memecah dinding kebencian dan kesalahpahaman dan membawa orang ke negeri robek dengan ketidakpercayaan dan ketakutan. Mereka hampir di akhir perjalanan ini—itu akan memakan waktu, mungkin bertahun-tahun, untuk memproses hal-hal yang dipelajari dan dialami, dan untuk sisa kita untuk mendengar cerita mereka.

Sampai di Beijing

Hari ke-18 Kereta Perdamaian (24/10) tiba di Beijing rombongan membaca 2Korintus 1:18-24. “… Sebab Kristus adalah "ya" bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh karena Dia kita mengatakan "Amin" untuk memuliakan Allah. Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi …”

Selama ini waktu teduh mereka mendoakan orang-orang yang hidup dengan realitas keras kemiskinan yang kronis, kelaparan, kekurangan gizi, tunawisma dan pengangguran. Bagi mereka yang harus bekerja di dalam kondisi yang sulit dan sering berbahaya. Untuk anak-anak jalanan. Untuk buruh tani dan masyarakat adat yang terancam oleh hilangnya lahan dan mata pencaharian mereka, dan mereka yang sudah mengungsi yang mencari perlindungan di masyarakat invasi tanah.

Mereka juga mendoakan agar diakhiri kekerasan politik, penyiksaan dan kebrutalan polisi dan orang lain yang dibebankan dengan baik kesejahteraan dan keselamatan orang. Untuk menghormati hak asasi manusia, sehingga tidak ada yang dapat menyangkal orang lain kebebasan dasar mereka dengan impunitas.

Setelah doa-doa dan sarapan, mereka pergi melakukan ziarah perdamaian di Beijing. Pagi ini mereka akan mengunjungi Istana Musim Panas. Pemandangan alam perbukitan dan air terbuka dikombinasikan dengan fitur buatan seperti paviliun, aula, istana, kuil dan jembatan untuk membentuk ansambel harmonis nilai estetika yang luar biasa. "Ini adalah campuran alam dan seni manusia. Mungkin di tempat ini mereka akan merasa inspirasi dan perdamaian,” salah satu peserta berkomentar.

Korea Utara Menolak Kereta Perdamaian

Yang menyedihkan dan mengecewakan adalah datangnya berita bahwa Korea Utara menolak Kereta Perdamaian. Padahal baru minggu lalu ada harapan bahwa perundingan dengan para pejabat Korea Utara akan berbuah. Sebab Sekum WCC, Dr Olav Fykse Tveit dan para pemimpin WCC telah mengunjungi di Pyongyang pada 24 September 2013 untuk membahas partisipasi Federasi Gereja Korea Utara di Majelis Umum WCC dan Kereta Perdamaian.

Jadi begitu Kereta Perdamaian bersiap meninggalkan Beijing, mereka akan melakukan perjalanan ke Dandong, China dan daerah perbatasan, bukan ke Pyongyang. Banyak orang telah berdoa dan merindukan bahwa kereta akan benar-benar, secara fisik, mengikat Utara dan Korea Selatan, Eropa dan Asia, komunis dan sistem kapitalis, menjadi pembuka pada dinding yang memisahkan musuh, membawa jawaban 'Ya' dari Allah atas pemisahan manusia. Bukan kali ini, tetapi hari itu akan datang.

Setelah kunjungan ke Istana Musim Panas, dan makan siang, sore hari akan waktu luang bagi peserta Kereta Perdamaian, dengan kereta menarik keluar sekitar pukul 5:30 di sore hari dan perjalanan dengan kereta api hanya semalam. (FB Peace Train)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home