Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:05 WIB | Jumat, 22 September 2023

Kerugian Rusia di Ukraina Tenggara Meningkat Secara Signifikan

Para rekrutan pasukan Rusia memegang senjata mereka selama pelatihan militer di lapangan tembak di wilayah Krasnodar di Rusia selatan, hari Jumat, 21 Oktober 2022. (Foto: dok. AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Kerugian yang dialami pasukan Rusia “meningkat secara signifikan” di kota Zaporizhzhia, Ukraina tenggara, selama beberapa hari terakhir, menurut laporan lembaga think tank Institute of Study of War (ISW) yang berbasis di Washington.

“Kerugian Rusia dilaporkan meningkat secara signifikan di Oblast Zaporizhzhia barat dalam beberapa hari terakhir, dan militer Rusia kemungkinan besar berjuang dengan kurangnya unit efektif tempur yang tersedia, sehingga komando Rusia bersedia untuk memindahkannya ke sektor depan ini,” tulis ISW di penilaiannya.

Hal ini menyoroti bahwa militer Ukraina menyatakan bahwa pada 18 September, Rusia kehilangan 313 personel militer di sektor Tavria. Jumlah ini “jauh lebih tinggi dibandingkan kerugian yang dialami Rusia selama dua hari sebelumnya ketika pasukan Rusia kehilangan sekitar 200 personel setiap hari.”

Selain itu, pasukan Lintas Udara Rusia (VDV) sedang melakukan operasi pertahanan di sektor Tavria. Detasemen “Storm-Z” dengan rekrutan narapidana telah tiba untuk bertindak sebagai “pelindung” bagi unit VDV.

Penilaian lembaga think tank tersebut melaporkan: “ISW sebelumnya telah mengamati unsur-unsur Divisi VDV Gunung Pengawal ke-7 dan Divisi VDV Pengawal ke-76 melakukan serangan balik terhadap pasukan Ukraina di wilayah Robotyne, dan ISW sebelumnya telah menilai bahwa operasi ini kemungkinan besar akan sangat melemahkan kekuatan VDV tersebut.”

Lebih lanjut, ISW mengatakan: “Detasemen ‘Storm-Z’ seringkali tidak efektif dalam pertempuran dan kemungkinan akan memberikan pertahanan Rusia di Oblast Zaporizhzhia barat dengan kekuatan tempur yang kecil.”

Pada hari Senin, pembaruan intelijen Inggris mengungkapkan bahwa selama dua  pekan terakhir, Rusia kemungkinan juga memperkuat Tentara Gabungan ke-58, yang berada dalam situasi sulit di arah Orihiv, wilayah Zaporizhzhia, dengan unit serangan udara.

“Selama dua pekan terakhir, Rusia kemungkinan akan semakin memperkuat Angkatan Darat Gabungan ke-58 yang mengalami kesulitan dengan tambahan unit lintas udara VDV di poros Orikhiv di Oblast Zaporizhzhia. Setidaknya lima resimen VDV yang diambil dari divisi 7 dan 76 kemungkinan sekarang terkonsentrasi dalam jarak beberapa kilometer dari desa garis depan Robotyne,” kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam pembaruan intelijen perangnya.

Ia menambahkan: “Dengan kekuatan penuh, kekuatan seperti itu seharusnya berjumlah sekitar 10.000 pasukan terjun payung elite. Namun, hampir semua unit kemungkinan besar berada di bawah kekuatan yang signifikan. Situasi saat ini kemungkinan besar akan dianggap sangat tidak memuaskan oleh hierarki VDV.”

Laporan intelijen Inggris menyoroti: “Sepanjang perang, para komandan Rusia telah berupaya untuk meregenerasi pasukan lintas udara sebagai kekuatan yang sangat mobile dan menyerang untuk operasi ofensif. Sekali lagi, mereka digunakan sebagai infanteri garis untuk menambah kekuatan pasukan darat.” (dengan Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home