Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:58 WIB | Rabu, 10 April 2024

Ketegangan dengan Rusia Meningkat, Jerman Kerahkan Brigade Militer di Lituania

Tentara Ukraina berjaga di dalam pangkalan brigade militer taktis Sevastopol di Sevastopol, pada 3 Maret 2014. (Foto: dok. AFP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Jerman pada hari Senin (8/4) memulai penempatan permanen brigade militer di Lituania dengan kontingen awal yang terdiri dari 20 tentara yang tiba di Vilnius dan 150 lainnya akan bergabung dengan mereka pada akhir tahun.

Berlin mengatakan tahun lalu pihaknya akan mengerahkan sekitar 4.800 tentara di Lituania di pangkalan permanen di sisi timur NATO ketika ketegangan meningkat dengan Rusia.

Pasukan pendahulu bertugas “merencanakan pemindahan brigade ke Lituania dan mengoordinasikan kebutuhan infrastruktur militer,” kata Kementerian Pertahanan Lituania.

“Keamanan Lituania adalah keamanan kami,” kata Duta Besar Jerman, Cornelius Zimmermann, kepada wartawan saat pasukan pertama mendarat.

Berlin telah berkomitmen untuk mengerahkan brigade berat termasuk unit tank ke Lituania pada akhir tahun 2027 meskipun kedua anggota NATO tersebut belum menyepakati siapa yang akan membayar perumahan pasukan dan biaya lainnya.

Namun, kesepakatan diharapkan tercapai pada akhir tahun ini.

Menteri Pertahanan Lithuania Laurynas Kasciunas mengatakan negaranya berencana mengeluarkan sekitar 800 juta euro (US$ 870 juta) untuk brigade tersebut di tahun-tahun mendatang.

Jerman memimpin dan menyediakan sekitar setengah dari 1.500 kelompok taktis NATO yang berkekuatan 1.500 orang yang ditempatkan di Lituania pada tahun 2017 dan pada akhirnya akan menjadi bagian dari brigade baru tersebut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home