Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 10:23 WIB | Kamis, 27 Oktober 2016

KJRI Jeddah Pulangkan Jemaah Haji ke Indonesia

Staf TUH KJRI Jeddah mempersiapkan pemulangan jemaah haji ke Indonesia. (Foto: kemenag.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah di Arab Saudi memulangkan pasien jemaah haji yang dirawat di sebuah rumah sakit (RS) di Arab Saudi.

Staf Teknis Urusan Haji, Arsyad Hidayat, mengatakan pasien jemaah asal kloter 11 Embarkasi Surabaya (SUB 011) atas nama Sarkowi bin Matahit (80) dipulangkan melalui bandara Jeddah, Arab Saudi.

“Sarkowi sempat dirawat di RS Ajyad Makkah karena other bacterial pneumonia. Dia diterbangkan dengan fasilitas stretcher karena pasien berbaring dengan 2 orang pendamping,” kata Arsyad Hidayat, Kamis (27/10).

Arsyad Hidayat mengatakan Sarkowi akan dipulangkan dengan menggunakan maskapai Saudi SV 816, yang take off dari Jeddah pukul 20.55 waktu Saudi dan diperkirakan tiba di Jakarta siang nanti pukul 11.00 WIB.

Sesampainya di Jakarta, lanjut Arsyad, Sarkowi akan menjalani proses recovery kesehatan di Jakarta setelah mendapatkan pemeriksaan di bandara kedatangan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta. "Setelah kondisinya stabil, akan diantar ke daerahnya," kata dia.

Operasional haji 1437H/2016M telah berakhir pada 15 Oktober lalu seiring pulangnya kloter 11 Embarkasi Lombok (LOP 011) dan kloter 74 Embarkasi Solo (SOC 074).

Namun demikian, kata dia, masih ada 33 jemaah haji Indonesia yang dirawat di RS Arab Saudi, terdiri atas 18 jemaah laki-laki dan 15 jemaah perempuan.

Dari jumlah itu, kata Arsyad, lima jemaah haji wafat di Arab Saudi, yaitu: Ratmini Kamno Sastromiharjo (UPG 019), Karji Unasan Kaslan (JKS 040), Sardi Siswanto Karto Harjo (JKG 040), Masduki Tjiptosudarmo Dulmanan (SOC 74), dan Isah Singo Adam (PLM 09).

Lima jemaah haji sudah pulang ke Tanah Air, yaitu: Sarkowi bin Matahit (SUB 011), Yudi Prayitno Tohar (SUB 024), Mahfud Nawawi Asin (SUB 053), Amiruddin Syamsuddin (BTH 010), dan Ngaimah Ahmad Sahlan (jemaah khusus/PIHK).

Adapun jemaah yang masih dirawat di RS Arab Saudi berjumlah 24 orang. Sebanyak 16 jemaah dirawat di RS Makkah, tujuh jemaah di RS Madinah, dan 1 jemaah di RS Jeddah. "Ada sebagian jemaah yang kondisinya sudah membaik," kata Arsyad. (kemenag.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home