Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 17:47 WIB | Selasa, 11 November 2014

Komik "Mereka Bunuh Munir" Terbit

Komik "Mereka Bunuh Munir" Terbit
Melawan lupa terhadap kasus pembunuhan aktivis Hak Azasi Manusia (HAM) Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) bersama Social Movement Institute (SMI) menerbitkan komik berjudul Mereka Bunuh Munir yang akan diluncurkan pada malam ini, Selasa (11/11) pukul 19.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB di kantor KontraS Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Komik "Mereka Bunuh Munir" Terbit
Salah satu isi cerita tentang kasus Daerah Operasi Militer (DOM) konflik yang terjadi di Aceh pada tahun 1989 - 1998 menjadi bagian kisah yang diceritakan dalam komik Mereka Bunuh Munir.
Komik "Mereka Bunuh Munir" Terbit
Komik Mereka Bunuh Munir yang digagas oleh KontraS bersama dengan SMI rencananya malam ini akan diluncurkan di kantor KontraS Jakarta Pusat yang dihadiri oleh penulis Eko Prasetyo dan ilustrator Terra Bajraghosa.
Komik "Mereka Bunuh Munir" Terbit
Salah satu aktivis KontraS saat menunjukkan komik Mereka Bunuh Munir yang terbit pada 10 tahun kasus Munir yang belum menemukan titik terang. Komik tersebut merupakan bagian dari upaya melawan lupa untuk terus mengungkap kebenaran dan keadilan.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) bersama Social Movement Institute (SMI) luncurkan komik berjudul “Mereka Bunuh Munir”. Komik yang menceritakan perjalanan Munir ini adalah karya Eko Prasetyo dan Terra Bajraghosa sebagi ilustrator.

Komik tentang aktivis Munir setebal 158 halaman tersebut rencananya diluncurkan di peringatan dua tahun wafatnya Munir pada tahun 2006. Namun baru rampung tahun 2014 ini, dengan sudah 10 tahun kasusnya belum juga tuntas.

Terra Bajraghosa menceritakan kesulitan membuat komik tersebut terutama saat menggambarkan kondisi nyata ketika Munir meninggal di pesawat. “Sulitnya saya belum pernah naik pesawat terbang, jadi saya harus browsing dahulu untuk mencari tahu feeling “ ungkap Terra Bajraghosa di kantor Kontras Selasa (11/11).

Kasus Munir hingga kini belum menemukan titik terang. Berbagai upaya dilakukan untuk "melawan lupa" dalam mengungkap kebenaran dan keadilan.

KontraS bersama dengan Social Movement Institute (SMI), Selasa (11/11) malam akan menggelar acara peluncuran komik Munir serta performance art dan diskusi bertajuk “Prospek Kasus Munir pada Pemerintahan Baru yang diadakan di kantornya di Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat.

Akan hadir dalam acara tersebut penulis cerita komik Eko Prasetyo dan ilustrator Terra Bajraghosa serta Indira Fernida peneliti dari KontraS. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home