Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:42 WIB | Selasa, 16 April 2019

Komunitas Muda Buddhis Ajak Generasinya Gunakan Hak Pilih

Konferensi Pers yang digelar Komunitas Muda Buddhis Indonesia dalam kaitan Pemilu 2019, berisi ajakan bagi generasi muda untuk menggunakan hak pilih. (Foto: Bimas Buddha Kemenag)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komunitas Muda Buddhis Indonesia mengajak generasi muda untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggung jawab. Ajakan itu disuarakan bersama dalam pernyataan sikap yang disampaikan Senin (15/4), di Jakarta.

“Mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 yang digelar secara jujur dan adil, dalam proses yang damai,” demikian bunyi salah satu poin pernyataan sikap sebagaimana dikutip dari rilis Komunitas Muda Buddhis Indonesia, yang dilansir kemenag.go.id.

“Mengajak dan mendorong seluruh warga Negara Indonesia khususnya generasi muda yang telah mempunyai hak pilih untuk berpartisipasi aktif pada Pemilu 2019 dengan menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab,” bunyi poin selanjutnya.

Pernyataan itu ditandatangani oleh tujuh perwakilan organisasi pemuda Buddhis Indonesia, yaitu: DPP Gemabudhi, PP Hikmahbudhi, Institut Nagajuna, PP Sekber PMVBI, DPP Patria, DPP Pemuda Tridharma, dan DPP Persadabumi.

Berikut pernyataan sikap Komunitas Muda Buddhis Indonesia terkait Pemilihan Presiden dan Legislatif yang akan berlangsung 17 April 2019:

Komunitas Muda Buddhis Indonesia sebagai salah satu komponen dari bangsa Indonesia terpanggil untuk menyukseskan Pemilu Presiden-Wakil Presiden, Legislatif, dan DPD 2019, yang merupakan pesta demokrasi terbesar di negeri yang kita cintai ini.

Pemilu akan menentukan pemimpin-pemimpin bangsa untuk 5 tahun ke depan. Untuk itu, kami Komunitas Muda Buddhis Indonesia merasa wajib untuk turut andil dalam menentukan para pemimpin bangsa ke depan, dengan berpedoman pada Dasa Raja Dharma (Sepuluh sifat baik pemimpin) yang telah diajarkan oleh Buddha Gautama. Maka, dengan ini kami menyatakan:

1. Mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 yang digelar secara jujur dan adil, dalam proses yang damai.

2. Mengajak dan mendorong seluruh warga Negara Indonesia khususnya generasi muda yang telah mempunyai hak pilih untuk berpartisipasi aktif pada pemilu 2019 dengan menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab.

3. Meminta semua pihak untuk menerima dan menghormati proses dan hasil pemilu yang telah disiapkan dan diselenggarakan dengan baik dan konstitusional.

4. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus menjaga keutuhan NKRI karena merupakan aset yang tak ternilai dibandingkan dengan perbedaan dukungan dan pilihan selama Pemilu.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan sebagai bentuk dukungan terhadap suksesnya pesta demokrasi ini. Semoga proses dan hasil Pemilu 2019 menghasilkan pemimpin serta para wakil-wakil rakyat yang baik yang membawa kebahagiaan dan kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home