Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 07:15 WIB | Jumat, 22 Juli 2016

Kongres AS Selidiki Penggunaan Data Seluler Pokemon Go

Ilustrasi. Pokemon Go. (Foto: slashgear.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Komite Energi dan Perdagangan DPR Amerika Serikat (AS), pada hari Selasa, (19/7), mengirimkan surat kepada John Hanke, CEO Niantic, yang mendirikan permainan Pokemon Go di bawah lisensi Nintendo.

Seperti dilansir Quartz, Komite menanyakan apakah perusahaan Niantic telah mempertimbangkan bahwa permainan Pokemon Go mungkin menjadi agak boros terhadap penggunaan data seluler.

Pertanyaan itu telah menunjukkan bahwa Pokemon Go dapat menguras besar baterai smartphone, tapi tidak pernah ada bukti substantif yang menunjukkan bahwa permainan itu mengonsumsi pulsa data seluler pemain.

Dalam surat yang ditandatangani oleh tiga anggota perwakilan komite DPR AS, Frank Pallone, Diana DeGette, Jan Schakowsky - para politisi mengajukan serangkaian pertanyaan untuk Hanke tentang bagaimana Niantic menangani kesuksesan besar permainan ini.

  • Apakah ada upaya terbaik yang dilakukan Niantic untuk meminimalkan penggunaan jumlah data seluler konsumen saat bermain Pokemon Go?
  • Apakah Niantic bekerja sama dengan operator nirkabel untuk memastikan bahwa konsumen secara tidak terduga terkena biaya lebih besar?
  • Apakah Niantic secara mencolok memperingatkan konsumen sebelum mereka mulai menggunakan aplikasi tentang berapa banyak data aplikasi dikonsumsi?
  • Apakah Niantic memiliki mekanisme untuk memastikan konsumen dibuat utuh dalam hal terkena biaya lebih tak terduga yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi Anda?

Pertanyaan itu tidak menyebabkan orang bertanya-tanya apakah Perwakilan DPR sebenarnya telah mencoba aplikasi, mengingat bahwa pertanyaan ke 3 akan mungkin dijawab bagi mereka yang telah memiliki aplikasi. (Tidak ada peringatan seperti itu.)

Surat itu juga menunjukkan bahwa rata-rata pemain Pokemon Go menggunakan antara 10-20 MB data per jam, dan bermain selama sekitar 43 menit per hari. Dengan perhitungan itu, jika seseorang bermain selama 30 hari, mereka akan mengkonsumsi sekitar 600 MB data, dan bahkan rencana bulanan yang sangat hemat di AS cenderung memiliki setidaknya penyisihan 1 GB (1024 MB) sebulan. Sebagai referensi, Netflix mengatakan bahwa streaming film yang standar tunggal memakan 1 GB data.

Ini juga tidak sepenuhnya jelas mengapa Komite memutuskan untuk menjangkau Niantic, mengingat bahwa ada banyak aplikasi permaian populer yang secara rutin menggunakan jauh lebih banyak data.

Netflix, Facebook, YouTube, Snapchat, dan bahkan Twitter semua memiliki kemampuan untuk streaming video melalui koneksi seluler, yang dapat mengakibatkan sejumlah besar data yang digunakan. Komite tidak bersedia untuk menjelaskan apakah mereka pernah mengirim pertanyaan serupa dengan perusahaan-perusahaan tersebut.

Sementara Niantic tidak segera menjelaskan berapa biasanya jumlah penggunaan data permainan yang dibutuhkan dalam permainan Pokemon Go. Tapi sudah dilaporkan bahwa masalah nyata bagi perusahaan ponsel bukanlah jumlah data yang digunakan dalam permainan ini, melainkan tekanan pada jaringan mereka yang disebabkan oleh begitu banyak orang berada di permainan itu sekaligus. 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home