Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 17:14 WIB | Rabu, 01 Maret 2023

Korban Perahu Tenggelam di Italia, Imigran Membayar Sampai Rp 188 Juta

Korban Perahu Tenggelam di Italia, Imigran Membayar Sampai Rp 188 Juta
Petugas mencari di antara puing-puing yang terdampar di pantai dekat Cutro, Italia selatan, Senin, 27 Februari 2023. Jumlah korban tewas meningkat menjadi 62 orang dalam tragedi migran di lepas pantai selatan Italia setelah kru penyelamat menemukan tiga mayat lagi. Puluhan lainnya diyakini hilang. Anak-anak termasuk di antara yang tewas setelah sebuah perahu kayu pecah di lautan badai di terumbu dekat pantai Calabria pada hari Minggu. Sedikitnya 80 orang selamat tetapi lebih banyak yang dikhawatirkan tewas. (Foto: Giovanni Isolino/LaPresse via AP)
Korban Perahu Tenggelam di Italia, Imigran Membayar Sampai Rp 188 Juta
Korban kapal karam kapal migran terbaring di pusat olah raga tempat mereka dibawa, di Crotone, Italia selatan, Selasa, 28 Februari 2023. (Foto: AP/Valeria Ferraro)

CROTONE, SATUHARAPAN.COM - Tim penyelamat Italia menarik lebih banyak mayat dari laut pada hari Selasa (28/2), menjadikan jumlah korban tewas dari tragedi migrasi terbaru menjadi 65 orang. Sementara itu, jaksa mengidentifikasi tersangka penyelundup yang diduga mengenakan biaya 8.000 euro (setara Rp 188 juta) untuk setiap orang yang melakukan "perjalanan kematian” dari Turki ke Italia.

Pihak berwenang menunda rencana melihat peti mati untuk memberikan lebih banyak waktu untuk mengidentifikasi jenazah, karena kerabat dan teman yang putus asa tiba di kota Crotone di Calabria dengan harapan menemukan orang yang mereka cintai, beberapa di antara mereka berasal dari Afghanistan.

“Saya sedang mencari bibi saya dan ketiga anaknya,” kata Aladdin Mohibzada, menambahkan bahwa dia berkendara selama 25 jam dari Jerman untuk mencapai kamar mayat darurat yang didirikan di sebuah stadion olah raga. Dia mengatakan dia telah memastikan bahwa bibinya dan dua anaknya meninggal, tetapi seorang anak berusia lima tahun selamat dan dilindungi di pusat anak di bawah umur.

“Kami sedang mencari kemungkinan untuk mengirim (jenazah) ke Afghanistan, jenazah yang ada di sini,” katanya kepada The Associated Press di luar kamar mayat. Namun dia mengeluhkan kurangnya informasi saat pihak berwenang bergegas untuk mengatasi bencana tersebut. “Kami tidak berdaya di sini. Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan.”

Sedikitnya 65 orang, termasuk 14 anak di bawah umur, tewas ketika perahu kayu mereka yang penuh sesak menabrak beting 100 meter (yard) di lepas pantai Cutro dan pecah pada hari Minggu pagi di laut yang ganas. Delapan puluh orang selamat, tetapi lebih banyak lagi yang dikhawatirkan tewas karena korban yang selamat mengindikasikan bahwa kapal tersebut membawa sekitar 170 orang ketika berangkat pekan lalu dari Izmir, Turki.

Kelompok bantuan di tempat kejadian mengatakan banyak penumpang berasal dari Afghanistan, termasuk seluruh keluarga, serta dari Pakistan, Suriah dan Irak. Tim penyelamat menarik dua mayat dari laut pada hari Selasa, sehingga jumlah korban menjadi 65 orang, kata polisi.

Perdana Menteri Giorgia Meloni mengirim surat kepada para pemimpin Eropa menuntut tindakan cepat atas masalah migrasi yang sudah berlangsung lama di benua itu, bersikeras bahwa para migran harus dihentikan dari mempertaruhkan nyawa mereka di penyeberangan laut yang berbahaya.

“Intinya, semakin banyak orang yang berangkat, semakin banyak orang yang berisiko meninggal,” katanya kepada televisi pemerintah RAI Senin malam.

Tersangka Penyelundupan Manusia

Jaksa Crotone, Giuseppe Capoccia, membenarkan penyelidik telah mengidentifikasi tiga tersangka penyelundup, seorang Turki dan dua warga negara Pakistan. Orang Turki kedua diyakini telah melarikan diri atau tewas dalam kecelakaan itu.

Polisi perbatasan Italia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyelenggara penyeberangan mengenakan biaya masing-masing 8.000 euro (setara Rp 188 juta) untuk "pelayaran kematian".

Menteri Dalam Negeri, Matteo Piantedosi, membantah bahwa penyelamatan terlambat atau dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah yang melarang kelompok bantuan untuk tinggal di laut untuk menyelamatkan para migran.

Badan perbatasan UE, Frontex, mengatakan pesawatnya melihat kapal itu di lepas pantai Crotone pada pukul 22:26, hari Sabtu dan memberi tahu otoritas Italia. Italia mengirimkan dua kapal patroli, tetapi mereka harus kembali karena cuaca buruk.

Piantedosi mengatakan kepada komite parlemen bahwa kapal itu kandas dan pecah sekitar pukul 05:00 pagi hari ini. “Tidak ada penundaan,” kata Piantedosi kepada Corriere della Sera. “Segala sesuatu yang mungkin dilakukan dalam kondisi laut yang benar-benar terlarang.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home