Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:00 WIB | Kamis, 02 Maret 2023

PBB: Invasi Rusia ke Ukraina, Pelanggaran HAM Paling Masif di Dunia

Prajurit Ukraina yang terluka di medan perang menunggu untuk meninggalkan rumah sakit lapangan dekat Bakhmut, Ukraina, Minggu, 26 Februari 2023. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina telah memicu "pelanggaran hak asasi manusia paling masif" di dunia saat ini, kata kepala Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), hari Senin (27/2), ketika perang memasuki tahun kedua tanpa akhir yang terlihat, dan puluhan ribu tewas.

Invasi Rusia “telah menyebabkan kematian, kehancuran, dan pemindahan yang meluas,” kata Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, dalam pidatonya di Dewan Hak Asasi Manusia yang didukung PBB di Jenewa.

Setelah gagal merebut Kiev pada pekan awal pembukaan invasi pada 24 Februari tahun lalu dan menderita serangkaian kemunduran yang memalukan selama musim gugur, Rusia telah menstabilkan garis depan dan memusatkan upayanya untuk merebut empat provinsi yang dianeksasi secara ilegal oleh Moskow pada bulan September: Donetsk, Kherson, Luhansk, dan Zaporizhzhia.

Ukraina, sementara itu, berharap untuk menggunakan tank tempur dan senjata baru lainnya yang dijanjikan oleh Barat untuk melancarkan serangan balasan baru dan merebut kembali lebih banyak wilayah yang diduduki.

Serangan pada Infrastruktur dan Warga Sipil

Guterres mengatakan “serangan terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil telah menyebabkan banyak korban dan penderitaan yang mengerikan.”

Pertempuran sengit untuk memperebutkan wilayah di timur Ukraina menjadi sorotan tajam pada haqri Minggu (26/2) di sebuah rumah sakit lapangan Ukraina yang merawat luka-luka akibat pertempuran sengit di kota Bakhmut, yang porak poranda. Aliran konstan tentara yang babak belur dan kelelahan masuk dengan tandu.

Anatoliy, kepala layanan medis, mengatakan timnya merawat puluhan tentara setiap hari dan hampir tidak punya waktu untuk makan.

“Petugas medis saya bekerja praktis tanpa henti. Sebelum invasi skala penuh kami memiliki 50-60 orang terluka dalam rotasi sembilan bulan, dan sekarang terkadang kami memiliki lebih dari itu dalam satu hari,” katanya kepada The Associated Press. Dia hanya memberikan satu nama untuk alasan keamanan.

Pernyataan Guterres muncul ketika militer Ukraina mengatakan bahwa Rusia melancarkan serangan dengan drone yang meledak di beberapa wilayah negara itu dari hari Minggu malam hingga Senin pagi, menewaskan dua orang.

Sementara itu, aktivis oposisi Belarusia mengklaim sebuah pangkalan udara militer di luar ibu kota Belarusia yang menampung pesawat tempur Rusia diserang pada hari Minggu oleh gerilyawan Belarusia.

BYPOL, saluran aplikasi perpesanan online yang dijalankan oleh para aktivis, dan beberapa sumber online lainnya yang dioperasikan oleh oposisi Belarusia, mengatakan sebuah pesawat peringatan dini dan kontrol A-50 rusak parah dalam serangan di pangkalan Machulishchy dekat Minsk.

Para aktivis tidak memberikan bukti untuk mendukung klaim tersebut, yang tidak dapat diverifikasi secara independen. Pejabat Belarusia dan Rusia tidak berkomentar, tetapi Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, mendesak pejabat tinggi militer dan keamanan pada hari Senin untuk memperketat disiplin.

Rusia menggunakan wilayah sekutunya Belarusia untuk menginvasi Ukraina setahun yang lalu. Belarusia terus menampung pasukan Rusia, pesawat tempur, dan senjata lainnya.

Kasus-kasus Pelanggaran HAM Didokumentasikan

Guterres, dalam pidatonya di Jenewa, mengutip kasus kekerasan seksual, penghilangan paksa, penahanan sewenang-wenang dan pelanggaran hak tawanan perang yang didokumentasikan oleh kantor hak asasi manusia PBB.

Dia mengecam bagaimana Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, yang kini berusia 75 tahun, “terlalu sering disalahgunakan dan disalahgunakan.”

“Itu dieksploitasi untuk keuntungan politik dan sering diabaikan oleh orang yang sama,” kata Guterres. “Beberapa pemerintah mengabaikannya. Yang lain menggunakan bola perusak.”

“Ini adalah momen untuk berdiri di sisi sejarah yang benar,” katanya kepada dewan, badan hak asasi manusia tertinggi di PBB. Rusia menarik diri dari kursinya tahun lalu di tengah lonjakan tekanan internasional atas perang di Ukraina.

Rusia Menghadapi Kecaman

Lusinan utusan tingkat tinggi pada pertemuan Jenewa – banyak dari negara-negara Barat – mengecam Rusia atas perilaku perangnya. Pada Konferensi Perlucutan Senjata serentak, badan lain yang didukung PBB, para delegasi mengkritik keputusan Putin untuk menangguhkan partisipasi Rusia dalam perjanjian START Baru dengan Amerika Serikat, perjanjian pengendalian senjata nuklir terakhir antara Moskow dan Washington.

Rusia tidak terwakili di dewan, dan utusan utamanya untuk sesi tersebut tidak diharapkan untuk berbicara hingga hari Kamis.

Namun, para pejabat Rusia telah menunjukkan sedikit tanda bahwa mereka mungkin mempertimbangkan kembali serangan mereka terhadap tetangga mereka.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan pada hari Senin: "Kami tidak melihat adanya kondisi untuk penyelesaian damai sekarang."

Dmitry Medvedev, wakil kepala Dewan Keamanan Rusia yang diketuai oleh Presiden Vladimir Putin, melangkah lebih jauh, sekali lagi meningkatkan momok perang nuklir dan mimpi buruk akibat konflik terbesar dan paling mematikan di Eropa sejak Perang Dunia II.

Dia mengecam Amerika Serikat dan sekutunya karena memberi Ukraina dukungan militer dan lainnya untuk membantu mendorong mundur pasukan Kremlin. Tujuan jangka panjang mereka, menurutnya, adalah memecah Rusia.

Putin juga membingkai perang dalam istilah-istilah itu, dengan mengatakan bahwa itu adalah risiko eksistensial Rusia.

Pertempuran Semakin Keras

Dalam serangan hari Minggu-Senin, Staf Umum Ukraina mengatakan pasukan Kiev menembak jatuh 11 dari 14 drone Shahed buatan Iran.

Kantor kepresidenan Ukraina mengatakan hari Senin bahwa setidaknya dua warga sipil tewas dan sembilan lainnya terluka oleh serangan Rusia selama 24 jam sebelumnya.

Dikatakan pertempuran sengit terus berlanjut di sekitar Bakhmut, Avdiivka dan Vuhledar di wilayah Donetsk, yang berada di bawah serangan Rusia tanpa henti.

Analis militer Ukraina Oleh Zhdanov mengatakan serangan Rusia yang ditujukan untuk mengamankan kendali atas Ukraina timur secara efektif macet sementara kehilangan "sejumlah besar senjata dan amunisi."

Zhdanov mengatakan militer Ukraina, pada gilirannya, sedang membangun pasukan untuk serangan balasan di masa depan di wilayah selatan sambil menyerang posisi dan depot Rusia di sana.

"Ukraina secara signifikan mengintensifkan penembakan terhadap posisi Rusia di selatan, menghancurkan jalan dan depot, yang merupakan syarat penting untuk keberhasilan serangan balasan di masa depan," katanya.

Dalam perkembangan lain, militer Rusia mengklaim pasukannya menyerang pusat intelijen elektronik dekat Brovary, tepat di sebelah timur Kiev.

Kementerian Pertahanan Rusia juga mengatakan bahwa pasukan Rusia menyerang pusat operasi khusus angkatan bersenjata Ukraina di dekat kota barat Khmelnytskyi.

Kementerian tidak mengatakan kapan serangan itu diluncurkan, dan klaimnya tidak dapat diverifikasi secara independen. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home