Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Sabar Subekti 10:37 WIB | Selasa, 26 Desember 2023

Korlantas Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Libur Natal

Berikut jadwal contraflow di jalan tol trans Jawa.
Lalu lintas jalan tol. (Foto: Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Korps Lalu Lintas Polri menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk mengurangi kepadatan volume kendaraan saat arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Penerapan contraflow dilakukan sejak arus balik dimulai pada hari Senin, 25 Desember 2023. Namun, sifatnya situasional, tergantung kondisi lalu lintas di lapangan.

Pada Senin, 25 Desember 2023, Korlantas sudah menerapkan sistem contraflow baik satu jalur ataupun dua jalur di beberapa lokasi, antara lain:

  1. Tol Jakarta-Cikampek KM 70 Cikatama sampai dengan KM 65, contraflow 1 lajur;
  2. Tol Jakarta-Cikampek KM 65 Cikatama sampai dengan KM 47, contraflow 2 lajur.

Pada Selasa, 26 Desember 2023, pukul 14:00-24:00 WIB rekayasa lalu lintas contraflow dan one way diterapkan di beberapa lokasi sebagai berikut:

  1. Tol Jakarta-Cikampek KM 188 GT Palimanan sampai dengan KM 72 GT Cikampek Utama, one way;
  2. Tol Jakarta-Cikampek KM 72 sampai dengan KM 47, contraflow 2 lajur;
  3. Tol Jakarta-Cikampek KM 47 sampai dengan KM 36, contraflow 1 lajur;

Kendaraan dari Bandung yang akan menuju ke Cirebon melewati Tol Cisudawu akan dikeluarkan di Exit Cimalaka/Tomo kabupaten/Pantura dan bisa masuk kembali ke tol melalui Gerbang Tol Palimanan 3 dan Plumbon Cirebon.

Bagi para pengendara diimbau untuk selalu berhati-hati dan mematuhi arahan petugas di lapangan.

Penerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan libur natal 2023 dan tahun baru 2024, termasuk ganjil-genap, one way, hingga contraflow. Penerapan rekayasa lalu lintas tersebut mendapatkan apresiasi masyarakat. Bagi mereka, perjalanan libur natal kali ini berjalan aman dan lancar.

Korlantas Polri juga terus mensosialisasikan situasi hingga skema rekayasa lalu lintas terkini melalui media massa, hingga media sosial NTMC Polri.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang akan berlibur natal, agar memilih waktu yang tepat, sehingga bisa melakukan perjalanan dengan lancar dan nyaman.

Sebagaimana diketahui Korlantas Polri telah menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow di Tol Jakarta-Cikampek dan jalur Puncak Bogor juga diberlakukan aturan ganjil genap serta One Way selama libur Natal.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home