Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 15:41 WIB | Minggu, 12 Juli 2015

Korsel Lepaskan Tembakan Peringatan ke Tentara Korut

Ilustrasi. Tentara AS yang memakai masker gas berdiri di sebuah terowongan dalam sebuah kompetisi untuk menguji kemampuan individu di pangkalan Tentara AS di Uijeongbu, utara Seoul, pada 8 Juli 2015. (Foto: AFP)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Tentara Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan terhadap tentara Korea Utara yang menyusup masuk ke zona perbatasan, menurut pernyataan dari pihak Seoul pada hari Minggu (12/7). Ini merupakan insiden pertama yang terjadi tahun ini.

Insiden itu terjadi pada Sabtu pagi ketika 10 tentara Korea Utara menyeberangi perbatasan di zona demiliterisasi yang memisahkan dua negara Korea, kata kementerian pertahanan Korea Selatan.

Penyusupan tersebut, yang terjadi di dekat Cheorwon, sebelah timur laut Seoul, memicu baku tembak saat tentara Korea Utara mundur tanpa menembak balik, ujarnya.

Zona demiliterisasi atau DMZ adalah salah satu wilayah perbatasan dengan penjagaan militer paling ketat di dunia, lengkap dengan menara pengawas dan ranjau darat.

Terjadi beberapa pertempuran kecil, yang melibatkan baku tembak, di sepanjang wilayah perbatasan darat dan laut antar-Korea dalam beberapa tahun terakhir ini.

Namun, ini pertama kalinya pada 2015 tentara Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan terhadap tentara Korea Utara yang menyusup masuk ke DMZ, kata seorang pejabat dari kementerian kepada AFP.

Ketegangan antarperbatasan berlangsung secara berkala tahun ini, dengan Korea Utara melakukan serangkaian uji coba rudal balistik sebagai bentuk kemarahan atas latihan militer tahunan AS-Korea Selatan. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home