Loading...
BUDAYA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 23:53 WIB | Minggu, 08 Juni 2014

Kota Tangerang Lestarikan Budaya Lomba Perahu Naga

Lomba perahu naga tahun 2013. (Foto: trustkota.com)

TANGERANG, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, melestarikan budaya nusantara yakni lomba perahu naga, yang merupakan proses akulturasi budaya masyarakat.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Minggu (8/6), mengatakan lomba perahu naga dapat menjadikan Kota Tangerang sebagai barometer pelestarian budaya nusantara.

Menurut dia, bertahun-tahun nilai-nilai kebudayaan masyarakat Tiongkok dapat berbaur dengan nilai-nilai kebudayaan masyarakat Tangerang. 

Masyarakat bisa saling melengkapi perbedaan dalam kemajemukan sehingga konflik dapat dihindari di Kota Tangerang.

"Lomba perahu naga sebagai media untuk menjalin tali persaudaraan masyarakat yang majemuk. Perayaan ini juga untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat," kata Arief dalam acara lomba perahu naga di Sungai Cisadane, Kota Tangerang.

Sementara itu, Festival Peh Cun yang diisi dengan Lomba Perahu Naga tahun ini diikuti oleh 21 Kelompok Pendayung di Kota Tangerang.

Festival Peh Cun diperingati setiap tahun untuk mengenang seorang pemimpin kala itu yang rela berkorban dengan menceburkan dirinya ke sungai dalam mempertahankan kebenaran, kejujuran dan keadilan.

Perayaan Peh Cun atau dikenal dengan sebutan Twan Yang Jie dilakukan di Pasar Lama Tangerang, Klenteng Boen Tek Bio, Sungai Cisadane. 

Festival ini dihiasi atraksi Gambang Kromong yang merupakan bentuk akulturasi budaya Tionghoa dengan Betawi.

Selain itu, kegiatan tahunan ini juga dimeriahkan dengan ritual melempar bakcang, dan tabur bunga di sungai. Masyarakat Tangerang tampak antusias mengikuti Festival Peh Cun ini.

Pada kesempatan tersebut hadir pula, Plt Gubernur Banten, Rano Karno dan juga pendiri Museum Benteng Heritage, Hudaya Halim.(Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home