Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 12:33 WIB | Kamis, 15 Oktober 2015

KPK Lantik Tiga Deputi Baru

Logo KPK. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK Taufiequrrachman Ruki melantik tiga pejabat di Komisi Pemberantasan Korupsi, yaitu Deputi Penindakan, Deputi Pencegahan, dan Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM).

Deputi Penindakan diisi oleh mantan Kapolda Lampung yang juga mantan staf Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Inspektur Jenderal Heru Winarko; Deputi Pencegahan dijabat oleh Pahala Nainggolan yang berasal dari swasta; sedangkan Deputi PIPM dijabat oleh Ranu Miharja yang merupakan mantan Direktur Penuntutan KPK yang berasal dari Kejaksaan Agung.

“Alhamdulillah, Menko Polhukam meminjamkan salah satu staf ahlinya ke KPK,” kata Ruki dalam kata sambutan pada acara pelantikan di auditorium Gedung KPK yang juga dihadiri oleh Menko Polhukam Luhut Panjaitan dan Jaksa Agung HM Prasetyo.

Ketiga deputi tersebut juga menandatangani pakta integritas bersama dengan istri masing-masing.

“Deputi pencegahan juga didapat lewat assessment yang ketat zero tolerance melalui fit and proper, yang juga dilakukan pimpinan, sepakat mengangkat Pahala Nainggolan yang berasal dari kalangan swasta,” ungkap Ruki.

Ruki juga berpesan agar ketiga deputi menjaga audit anggaran dan kinerja yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maupun menjadi penegak hukum yang taat pada aturan perundang-undangan.

“Komisi kita adalah komisi independen, tapi sebagai komisi negara kita wajib taat kepada undang-undang negara yaitu pertama terhadap penggunaan uang negara yang harus akuntabel dan sebagai aparat penegak hukum yang berbuat atas nama negara harus patuh pada hukum acara. Alhamdulillah, KPK mendapat hasil audit wajar tanpa pengecualian dari BPK walau masih ada hal-hal yang harus diperbaiki, sedangkan audit kinerja kita juga masih dalam kategori A, artinya masuk dalam lingkungan lembaga yang baik,” ungkap Ruki.

Ruki juga meminta agar KPK meneruskan prestasi 100 percent conviction rate (terbukti di pengadilan).

“Jadi apa yang kita lakukan sudah benar, saya minta semua orang bertindak demikian. Seluruh pimpinan struktural agar meyakinkan kualitas pekerjaan kita benar-benar baik ada kontrol, jaminan kualitas pekerjaan, dan proper,” tegas Ruki.

Ketiga hal yang harus diperhatikan menurut Ruki adalah zero defect (nihil kesalahan), zero distortion (nihil gangguan), dan siap diperiksa.

“Tidak ada boleh kesalahan sedikit pun, termasuk kesalahan numerik, tidak boleh penyimpangan ketentuan sedikit pun, serta siap dieksaminasi salah satunya melalui BPK dan proses peradilan,” kata Ruki.

Sebelumnya, pada 16 September 2015, KPK juga melantik Direktur Penyidikan yaitu Aris Budiman dan Kepala Biro Hukum yaitu Setiadi, keduanya sama-sama berasal dari instansi kepolisian. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home