Loading...
INDONESIA
Penulis: Ignatius Dwiana 01:31 WIB | Selasa, 07 Januari 2014

Kristen Bauer: Kesuksesan Perempuan, Kunci Kesuksesan Negara

Pejabat Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Amerika Serikat Kristen Bauer. (Foto: Ignatius Dwiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kalau seorang perempuan sukses maka masyarakatnya pun sukses. Kalau masyarakatnya sukses negaranya juga akan sukses baik secara ekonomi, secara sosial, secara politik. Demikian disampaikan Pejabat Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Amerika Serikat Kristen Bauer di At America Jakarta pada Senin (6/1) dalam konferensi pers sebelum pemutaran film ‘Girl Rising’.

Film itu menjelaskan pentingnya mendorong seorang perempuan sukses melalui pendidikan. Hal ini sudah dibuktikan para ahli ekonomi. Kesuksesan perempuan menjadi kunci kesuksesan negara pula yang mendorong Pemerintah Amerika Serikat tertarik dengan isu perempuan. Film ‘Girl Rising’ merupakan film yang sangat menginspirasi sehingga diputar At America.

Perempuan di Indonesia banyak mencapai kesuksesan

Kristen juga memuji kesuksesan yang sudah banyak dicapai perempuan di Indonesia. “Di Indonesia banyak sekali kesuksesan sudah dicapai perempuan. Seperti tingkat kelulusan SMU di Indonesia lebih banyak wanita daripada laki-lakinya. Dan di sini sudah ada Presiden wanita, di Amerika belum ada Presiden wanita.”

Isu perempuan menjadi penting di dalam masyarakat atau negara mana pun. Terutama berkaitan dengan pemberdayaannya. “Setiap masyarakat, setiap negara itu harus memilih mau membentuk masyarakatnya seperti apa, dan peran apa yang kira-kira akan dimainkan laki dan perempuan. Peran itu ditentukan masyarakat Indonesia sendiri.”

Sejauh ini baik Indonesia maupun Amerika Serikat berada dalam kultur yang sama, kultur majemuk. Yang bisa dilakukan kedua negara itu adalah berbagi pengalaman tentang membentuk masyarakat ke depan.    

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home