Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:04 WIB | Rabu, 13 September 2023

KTT ASEAN-China: Beijing Lontarkan Sikap Ofensif pada Kasus Laut China Selatan

Perdana Menteri China, Li Qiang pada KTT ASEAN-China, hari Rabu (6/9) di Jakarta. (Foto: Adi Weda/pool via AP)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Dalam pembicaraan dengan para pemimpin Asia Tenggara (ASEAN) pada hari Rabu (6/9) di Jakarta, ibu kota Indonesia, Perdana Menteri China, Li Qiang, menggarisbawahi pentingnya negaranya sebagai negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia dan sebagai mitra dagang utama di kawasan ini.

Untuk melawan kekhawatiran baru atas agresi Beijing di Laut China Selatan yang disengketakan, Li mengutip sejarah panjang persahabatan China dengan Asia Tenggara, termasuk upaya bersama untuk menghadapi pandemi virus corona dan bagaimana kedua belah pihak menyelesaikan perbedaan melalui dialog.

“Selama kita tetap berada di jalur yang benar, apa pun badai yang mungkin terjadi, kerja sama China-ASEAN akan tetap kokoh dan terus maju menghadapi segala rintangan,” kata Li. “Kami telah menjaga perdamaian dan ketenangan di Asia Timur di dunia yang penuh dengan gejolak dan perubahan.”

Namun negara-negara penggugat di Laut China Selatan, yang termasuk dalam blok 10 negara Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN), telah memprotes tindakan agresif China untuk memperkuat klaim teritorialnya yang luas di jalur laut strategis tersebut. Peta baru China memicu gelombang protes dari para pemimpin negara lain, yang mengatakan bahwa peta tersebut menunjukkan klaim ekspansif Beijing yang melanggar batas perairan pesisir mereka.

Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr. telah menyatakan kekhawatirannya atas tindakan agresif yang terjadi baru-baru ini di perairan yang disengketakan. Pada awal Agustus, sebuah kapal penjaga pantai China menggunakan meriam air untuk mencoba memblokir kapal yang dioperasikan angkatan laut Filipina yang membawa pasokan untuk pasukan Filipina di Second Thomas Shoal yang disengketakan.

“Kami tidak mencari konflik, namun merupakan tugas kami sebagai warga negara dan pemimpin untuk selalu bangkit menghadapi tantangan apa pun terhadap kedaulatan kami, terhadap hak kedaulatan kami, dan yurisdiksi maritim kami di Laut China Selatan,” kata Marcos kepada rekan-rekan pemimpin di sebuah pertemuan. Pertemuan khusus ASEAN itu berlangsung pada hari Selasa (5/9).

Salinan pernyataan Marcos selama pertemuan ASEAN dengan Qiang pada hari Rabu (6/9) yang diterbitkan kepada wartawan menunjukkan bahwa presiden Filipina melontarkan kritik terselubung tetapi tidak melakukan agresi spesifik apa pun di laut yang disengketakan.

Filipina “terus menjunjung tinggi keutamaan Konvensi Hukum Laut PBB tahun 1982 sebagai kerangka kerja di mana semua aktivitas di laut dan samudera dilakukan,” kata Marcos dalam pertemuan tersebut. “Kami sekali lagi menegaskan kembali komitmen kami terhadap supremasi hukum dan penyelesaian perselisihan secara damai.”

Pada tahun 2016, pengadilan arbitrase di Den Haag, Belanda, yang dibentuk berdasarkan konvensi PBB tersebut, memutuskan bahwa klaim teritorial China yang luas di Laut China Selatan berdasarkan sejarah tidak memiliki dasar hukum.

China, yang merupakan mitra dialog penuh ASEAN, tidak berpartisipasi dalam arbitrase yang diajukan Filipina pada tahun 2013, menolak keputusan tahun 2016, dan terus menentangnya.

China, Taiwan, dan beberapa negara anggota ASEAN: Brunei, Malaysia, Filipina, dan Vietnam, selama beberapa dekade telah terjebak dalam ketegangan teritorial yang semakin meningkat di Laut China Selatan, tempat sebagian besar perdagangan global transit.

Ini juga menjadi garis depan yang rumit dalam persaingan AS-China.

Washington tidak mengklaim wilayah lepas pantai tersebut namun telah mengerahkan kapal perang dan pesawat tempurnya untuk melakukan apa yang disebutnya sebagai kebebasan navigasi dan patroli penerbangan. China telah memperingatkan AS untuk tidak ikut campur dalam apa yang disebutnya murni perselisihan Asia.

Sikap Negara ASEAN Lainnya

Konflik Laut China Selatan tidak secara langsung mencakup negara-negara ASEAN lainnya: Kamboja, Laos, Indonesia, Singapura, Thailand, dan Myanmar. Timbul pertanyaan mengapa blok regional tersebut, dan pemimpinnya saat ini, Indonesia, gagal memberikan peringatan atas tindakan penjaga pantai China, yang ditentang keras oleh AS dan negara-negara Barat dan Asia lainnya.

Marty Natalegawa, mantan menteri luar negeri Indonesia, menyebut kegagalan ASEAN mengutuk tindakan agresif China sebagai “keheningan yang memekakkan telinga.”

Selain konflik teritorial yang sudah lama terjadi, pembicaraan di KTT di Jakarta juga fokus pada perselisihan sipil yang berkepanjangan di Myanmar, yang telah menguji ASEAN dan menyebabkan perpecahan di antara negara-negara anggota mengenai cara menyelesaikan krisis ini secara efektif.

Penilaian terhadap lima poin rencana perdamaian ASEAN menunjukkan bahwa rencana tersebut gagal mencapai kemajuan signifikan sejak diperkenalkan dua tahun lalu. Rencana tersebut menyerukan diakhirinya segera permusuhan mematikan tersebut, dan dialog antara pihak-pihak yang bersaing, termasuk Aung San Suu Kyi dan pejabat lain yang dipilih secara demokratis yang digulingkan oleh tentara dalam perebutan kekuasaan yang dikutuk secara internasional dan memicu perselisihan sipil.

Meskipun rencana tersebut gagal sejauh ini, para pemimpin ASEAN memutuskan untuk tetap berpegang pada rencana tersebut dan terus melarang para jenderal Myanmar dan pejabat yang mereka tunjuk untuk menghadiri pertemuan puncak tingkat tinggi blok tersebut, termasuk perundingan yang sedang berlangsung di Jakarta, menurut sebuah pernyataan ASEAN.

Pasukan keamanan Myanmar telah membunuh sekitar 4.000 warga sipil dan menangkap 24.410 lainnya sejak pengambilalihan kekuasaan oleh tentara, menurut organisasi pemantau hak asasi manusia, Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home