Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:07 WIB | Rabu, 13 September 2023

Rusia Bangun Pangkalan Militer Dekat Perbatasan dengan Filnadia

Penjaga Perbatasan Finlandia berdiri di samping pagar perbatasan percontohan selama acara media di perbatasan Finlandia-Rusia di Pelkola, Imatra, Finlandia, 30 Mei 2023. (Foto: dok. Reuters)

HELSINKI, SATUHARAPAN.COM-Rusia dengan cepat mendirikan tiga bangunan besar baru di pangkalan militer dekat perbatasan Finlandia yang digunakan oleh Brigade Senapan Motor Arktik Moskow, menurut laporan media nasional Finlandia, Yle.

Bangunan-bangunan baru tersebut terletak di pangkalan militer Alakurtti, sekitar 50 kilometer dari perbatasan Finlandia, menurut laporan itu.

Penyiar Finlandia menyatakan bahwa gambar satelit menunjukkan bahwa Rusia juga telah membangun tempat penyimpanan militer besar baru di Petrozavodsk yang terletak sekitar 175 kilometer dari perbatasan.

“Proyek konstruksi ini merupakan tanda nyata pertama bahwa Rusia kembali mulai berinvestasi di pangkalan militernya di dekat Finlandia setelah bertahun-tahun tidak melakukan pembangunan sama sekali,” lapor Yle.

Perbandingan citra satelit menunjukkan bahwa bangunan tersebut didirikan dari fondasi hingga ketinggian penuh dalam satu hari.

Laju pembangunan yang cepat menunjukkan metode pembangunan baru. Atap kain berlapis plastik yang kuat dipasang di atas rangka logam ringan, kata pakar militer yang berspesialisasi di Rusia, pensiunan Mayor Marko Eklund, kepada Yle.Dia berkata: “Ini adalah pertama kalinya teknologi ini dilaporkan digunakan di wilayah utara. Rupanya, bahannya tahan terhadap suhu dingin yang parah.”

Eklund mengatakan setiap bangunan dapat dengan mudah menampung kendaraan tempur dari satu batalion, atau sekitar 40 pengangkut personel lapis baja MT-LB.

“Rusia telah menempatkan sekitar 2.000 tentara di pangkalan Alakurtti, namun setidaknya sepertiga atau bahkan setengah dari mereka telah dikirim untuk berperang di Ukraina. Garnisun ini adalah rumah bagi Brigade Senapan Motor Arktik Terpisah ke-80,” lapor Yle.

Ylejuga telah mendeteksi, dengan menggunakan citra satelit, sebuah lokasi konstruksi besar yang terletak di Petrozavodsk, tempat Rusia menyimpan peralatan militer terbesarnya di dekat perbatasan Finlandia.

Eklund mengatakan gedung baru itu bisa menampung, misalnya, sekitar 50 kendaraan lapis baja jika diparkir padat. Namun, struktur Petrozavodsk kemungkinan besar akan digunakan untuk pemeliharaan peralatan. 

Dia menambahkan bahwa tugas terpenting depot Petrozavodsk saat ini adalah memperbarui dan mengirimkan peralatan untuk perang melawan Ukraina. Banyak tank pengangkut, kendaraan tempur, dan artileri disimpan di lokasi tersebut, cukup untuk melengkapi setidaknya satu brigade bermotor yang terdiri dari 4.000 tentara. (dengan Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home